EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA WOLFRAM MATHEMATICA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMA

AVIANDARI, EKA INDRIYANTI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA WOLFRAM MATHEMATICA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Eka Indriyanti Aviandari_16310003.pdf] Text
Eka Indriyanti Aviandari_16310003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
posttest only control design. Bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model
Pembelajaran TSTS berbantu media Wolfram Mathematica, model pembelajaran TPS
berbantu media Wolfram Mathematica dan model pembelajaran konvensional
Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMA.Populasi penelitian ini
seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Comal. Sampel penelitian ini kelas XI
MIPA 2, kelas XI MIPA 3, kelas XI MIPA 1 dengan menggunakan cluster random
sampling. Data yang digunakan untuk penelitian adalah soal uraian. Analisis data
menggunakan uji anava satu arah, uji scheffe‘, uji ketuntasan belajar, dan uji korelasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis
siswa antara ketiga model pembelajaran, (2) Pembelajaran TSTS berbantu Wolfram
Mathematica lebih baik dari pembelajaran Konvensional, (3) Pembelajaran TPS
berbantu Wolfram Mathematica lebih baik dari pembelajaran Konvensional, (4)
Pembelajaran TSTS sama baiknya dengan pembelajaran TPS, (5) Pembelajaran TSTS
dan TPS mencapai ketuntasan belajar, (6) Terdapat korelasi antara keaktifan siswa
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas TSTS sebesar 65,37%
dan kelas TPS sebesar 60,95%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan dari
ketiga model pembelajaran, model TSTS dan model lebih baik dari pembelajaran
konvensional, sedangkan model TSTS sama baiknya dengan model TPS, dapat
mencapai ketuntasan belajar, dan terdapat korelasi antara keaktifan siswa dengan
kemampuan komunikasi matematis.
Kata Kunci: TSTS; TPS; Wolfram Mathematica; Kemampuan Komunikasi
Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:37
Last Modified: 05 Nov 2024 04:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7125

Actions (login required)

View Item
View Item