ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALGLAGAH 03 KABUPATEN BREBES

ROHMI, LIZZA AINUR (2020) ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALGLAGAH 03 KABUPATEN BREBES. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LIZZA AINUR ROHMI.pdf] Text
LIZZA AINUR ROHMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

LIZZA AINUR ROHMI. NPM 16120324“Analisis Penerapan Pendidikan
Karakter Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Tegalglagah 03
Kabupaten Brebes”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I Dr.
Rahmat
Rais,
S.Ag.,
M.Ag
dan
Eka
Sari
Setianingsih,S.Pd.,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah melemahnya nilai
karakter yang ada pada diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Tegalglagah 03
Kabupaten Brebes? 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter pada
pembelajaran tematik tema 3 siswa kelas V SD Negeri Tegalglagah 03 Kabupaten
Brebes? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1)Untuk
mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter di SD Negeri Tegalglagah 03
Kabupaten Brebes. 2) Untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada
pembelajaran tematik tema 3 siswa kelas V SD Negeri Tegalglaah 03 Kabupaten
Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru,
dan peserta didik kelas V SD Negeri Tegalglagah 03 Kabupaten Brebes dengan
pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan wawancara, observasi,
dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang peneliti gunakan adalah
dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan.
Hasil dari peneitian adalah 1) Pelaksanaan penerapan pendidikan karakter di
SD Negeri Tegalglagah 03 belum terlaksana secara maksimal.. 2) Penerapan
pendidikan karakter pada pembelajaran tematik tema 3 (Makanan Sehat) di kelas
V telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.
Jadi dapat disimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan penerapan pendidikan karakter
di SD Negerei Tegalglagah 03 belum terlaksana secara maksimal. 2) Penerapan
pendidikan karakter pada pembelajaran tematik tema 3 (Makanan Sehat) kelas V
telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan, pelaksanaan dan peneitian.
Saran yang dapat disampaikan adalah bagi kepala sekolah diharapakan dapat
menjadi seorang pemimpin yang dapat selalu membuat pembaharuan mengenai
penerapan pendidikan karakter di sekolah agar para peserta didik tertarik dan
semakin terbentuk karakternya. Bagi guru yaitu diharapkan terus meningkatkan
kualitas pembelajaran tematik. Bagi peserta didik yaitu diharapkan untuk lebih
meningkatkan dan megembangkan karakternya melalui kegiatan-kegiatan yang
menjadi kebiasaan baik di rumah maupun di sekolah.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:33
Last Modified: 05 Nov 2024 04:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7123

Actions (login required)

View Item
View Item