NINGSIH, SETIA WAHYU (2019) PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI ALUR DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 15 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SETIA WAHYU NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Setia Wahyu Ningsih, NPM 15410053. Penerapan Model Pembelajaran
Think Talk Write dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Alur Drama pada Peserta
Didik Kelas XI SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr Asropah, M.Pd. dan Pembimbing II Setia Naka Andrian, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci: Penerapan, model Think Talk Write, pembelajaran mengidentifikasi
alur drama.
Penelitian ini dilatarbelakang oleh kemampuan siswa kelas XI SMA
Negeri 15 Semarang dalam mengidentifikasi alur drama masih rendah. Hal ini
dilihat dari hasil perolehan nilai yang masih rendah dibawah kriteria ketuntasan
minimal yaitu 75. Pemerolehan nilai masih rendah disebabkan oleh saat mengajar
guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan
metode ceramah. Melihat kondisi tersebut perlu adanya penggunaan sebuah model
pembelajaran agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran mengidentifikası alur
drama pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 15 Semarang. Salah satu model
pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran Think Talk Write.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran mengidentifikasi aiur drama
pada peserta didik kels XI SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2018/2019?
Adapun tujuan dilaksanakanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana
penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran
mengidentifikasi alur drama pada peserta didik kels XI SMA Negeri 15 Semarang
tahun pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data pada penelitian imi dilakukan dengan teknik tes
dan nontes, teknik tes dilakukan melalui tes mengidentifikasi alur drama
berdasarkan teks drama yang telah ditentukan dan teknik nontes dilakukan melalu
lembar observasi pembelajeran dan lembar angket siswa. Pendekatan yang
diguanakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini
sebanyak 7 kelas. Sempel penelitian diambil dari kelas XI IPS 1 dengan jumlah
peserta didik sebanyak 36. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan
teknik penyajian kualitatif vaitu menganalisis dengan cara mendeskripsikan
bagaimana penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran
mengidentifikasi alur drama pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 15
Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah model pembelajaran Think
Talk Write dapat diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi alur drama
pada siswa kelas XI SMA Negeri 15 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi alur drama mendapatkan
kategori sangat baik. Peserta dapat mengidentifikasi alur drama yang telah
ditentukan. Dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write
pembelajaran menjadi semakin aktif. Hal itu dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai
sebesar 77 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 60.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:23 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7122 |