OKTARINA, SESHA EKA (2019) KOHESI PADA KARANGAN TEKS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Sesha Eka O..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sesha Eka Oktarina. NPM 15410266.Kohesi pada Karangan Cerpen
Peserta Didik Kelas XI SMK Pelita Nusantara 2 Semarang Tahun Pelajaran
2018/2019. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd.,dan Pembimbing II Larasati, S.Pd.,
M.Pd.
Kata kunci: kohesi, gramatikal, leksikal, cerpen.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud penggunaan kohesi
leksikal dan gramatikal pada karangan teks cerpen peserta didik kelas XI SMK
Pelita Nusantara 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud
penggunaan kohesi pada karangan teks cerpen peserta didik kelas XI SMK Pelita
Nusantara 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019?
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa metode simak
dengan teknik catat. Objek dalam penelitian ini adalah kohesi gramatikal dan
leksikal dalam karangan peserta didik kelas XI SMK Pelita Nusantara 2 Semarang
tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 235 peserta didik. Sumber data dalam
penelitian ini berupa cerita pendek yang ditulis oleh peserta didik kelas XI SMK
Pelita Nusantara 2. Adapun data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang di
dalamnya terdapat penggunaan kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Metode dan
teknik analisis data menggunakan metode agih dengan teknik dasar BUL (Bagi
Unsur Langsung) dengan teknik lanjutan lesap, ganti, dan sisip. Selanjutnyadata
yang telah dianalisis akan disajikan dalam bentuk metode penyajian informal.
Hasil dari analisis menunjukan terdapat wujud penggunaan kohesi
gramatikal pada tulisan peserta didik meliputi: (1) pengacuan (referensi), (2)
penyulihan (substitusi), (3) pelesapan (elipsis), dan (4) perangkaian (konjungsi).
Pada kohesi leksikal terdapat penggunaan dalam bentuk (1) reptetisi, (2) sinonimi
(3) antonimi, (4) kolokasi, (5) hiponimi, dan (6) ekuivalensi. Penggunaan kohesi
gramatikal lebih dominan daripada penggunaan kohesi leksikal karena aspek
gramatikal yang lebih sering digunakan.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya mengajarkan
pembelajaran menulis teks disertai evaluasi dengan memperhatikan kaidah
kebahasaan, selain itu hendaknya guru mengajarkan dan memperkenalkan kohesi
gramatikal dan kohesi leksikal khususnya dalam pembelajaran menulis teks
cerpen. Bagi peserta didik hendaknya selalu memperhatikan materi pembelajaran
yang disampaikan oleh guru dengan baik, dan peserta didik dapat
mengembangkan hasil tulisan dengan tetap memperhatikan kepaduan cerita serta
kaidah penulisan bahasa yang baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7120 |