WIJAYANTI, SEPTIANA PUTRI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA DIRIKU SENDIRI KELAS I SD NEGERI DRESI WETAN REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SEPTIANA PUTRI W.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Septiana Putri Wijayanti. NPM 13120298. “Penerapan Model Pembelajaran
Make A Macth Berbantu Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas I SD
Negeri Dresi Wetan Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa
mengenai materi yang ajarkan oleh guru yang menggunakan model konvensional.
Dalam penerapannya di sekolah dasar mata pelajaran IPA merupakan mata
pelajaran yang kurang dipahami oleh siswa. Sebab di dalam pengajarannya guru
hanya berpatok pada buku yang ada tanpa memberikan variasi model dan media
sehingga siswa kurang memahami konsep yang diajarkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
pembelajaran make a match berbantu kartu bergambar terhadap hasil belajar IPA
Kelas I SD Negeri Dresi Wetan Rembang? Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match berbantu kartu
bergambar terhadap hasil belajar IPA Kelas I SD Negeri Dresi Wetan Rembang.
Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, penelitian yang berdasarkan pada
filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu,
teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random,
pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat
kuantitaf. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Eksperimental Designs bentuk
One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian siswa kelas I SD Negeri
Dresi Wetan Rembang yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari
tes dan nontes. Tes soal dan nontes wawancara dan observasi.
Hasil penelitian dapat menemukan bahwa penerapan model pembelajaran
make a match berbantu kartu bergambar tepat digunakan untuk belajar IPA siswa
kelas I SD Negeri Dresi Wetan Rembang. Hal ini diketahui rata-rata hasil belajar
IPA setelah diberi perlakuan sebesar 80, didukung dengan hasil uji t diperoleh
harga thitung adalah sebesar 2,68 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel taraf
signifikan 5% sebesar 1,70 dan 1% sebesar 2,47.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan, pertama
guru menggunakan pedoman model dan media dalam pembelajaran salah satunya
menggunakan model make a match berbantu kartu bergambar dalam upaya
memperbaiki hasil belajar siswa dan memfasilitasi dalam mengembangkan
kemampuan siswa. Kedua siswa selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran di
dalam kelas dan dianjurkan sering belajar baik secara individu maupun kelompok
khususnya materi IPA. Ketiga Penelitian ini dapat dijadikan pengalaman dalam
menguji sebuah model dan media pembelajaran khususnya model pembelajaran
make a match berbantu kartu terhadap hasil belajar IPA dapat dilanjutkan dalam
penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : IPA, Model Make a Match, kartu bergambar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:18 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7119 |