MUZAYYANAH, AFIKA (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AFIKA MUZAYYANAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
AFIKA MUZAYYANAH. NPM 16120229. “Pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Arfilia Wijayanti, S.Pd.,
M.Pd., dan Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. Mei. 2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah lembar kerja peserta
didik menggunakan lembar kerja peserta didik yang dibuat oleh penerbit dalam
buku sumber belajar atau yang disebut dengan buku siswa sekaligus digunakan
untuk alat evaluasi sehingga guru hanya mengandalkan soal-soal yang ada di buku
siswa dan soal UTS/ UAS, selain itu lembar kerja peserta didik hanya digunakan
untuk praktikum atau percobaan dan kemampuan Higher Order Thinking Skill
(HOTS)
peserta
didik
masih
belum
banyak
dikembangkan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana lembar kerja
peserta didik tematik berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) muatan IPA
dan PJOK yang valid digunakan untuk kelas IV SD?, 2) Apakah lembar kerja
peserta didik tematik berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) muatan IPA
dan PJOK yang praktis digunakan untuk kelas IV SD?. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan
lembar kerja peserta didik tematik berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS)
muatan IPA dan PJOK yang digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang dikemukaan Sugiyono dengan menggunakan
prosedur pengembangan sampai tahap tujuh yaitu merevisi produk. Peneliti
memodifikasi langkah pengembangan menjadi beberapa tahapan yaitu potensi dan
masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan
desain, uji coba produk, revisi produk (jika ada), dan produk siap. Penelitian ini
dilaksanakan pada kelas IVA dan IVB SD Negeri Tlogosari Wetan 01.
Peneliti mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan hasil uji
kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan skor
rata-rata dari ahli media sebesar 89,00% dengan kategori “sangat layak” dan skor
rata-rata ahli materi sebesar 87,27% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan
hasil uji kepraktisan diperoleh berdasarkan penilaian respon guru dan siswa
dengan rata-rata respon guru sebesar 91,50% dengan kategori “sangat layak” dan
rata-rata respon siswa sebesar 93,41% dengan kategori “sangat layak”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik valid dan
praktis digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan hasil
penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah lembar kerja peserta didik
dapat digunakan sebagai alat evaluasi sekaligus sebagai salah satu alternatif guru
dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:09 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7111 |