PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 SIDOREKSO KUDUS

NURULITA, LISA (2020) PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 2 SIDOREKSO KUDUS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Lisa Nurulita.pdf] Text
Lisa Nurulita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lisa Nurulita, NPM 16120007. “Pengaruh Jenis Kelamin terhadap Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Sidorekso Kudus”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M.Pd., Pembimbing II
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. Oktober. 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Perbedaan rata-rata nilai rapor
antara siswa laki-laki dan perempuan; (2) Tingkat keaktifan siswa laki-laki saat di
kelas yang masih rendah; (3) Hasil nilai rapor sebagian siswa laki-laki rendah
dibandingkan dengan siswa perempuan, hal ini dibuktikan dengan nilai rapor IPS
siswa.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah jenis kelamin
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Sidorekso Kudus?
Berdasarkan rumusan masalah tersebut kemudian diajukan hipotesis yaitu ada
perbedaan jenis kelamin mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2
Sidorekso Kudus. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN
2 Sidorekso Kudus.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sidorekso Kudus yang berjumlah 36
siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sampel yang
diambil adalah seluruh siswa kelas V menggunakan teknik sampling
nonprobability
sampling
dengan
sampling
jenuh.
Pengumpulan
data
menggunakan data sekunder atau data yang sudah ada yaitu data nilai rapor IPS
siswa kelas V SDN 2 Sidorekso Kudus.
Penelitian
ini
menggunakan
desain
penelitian
komparatif.
Alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan guru kelas V SDN 2
Sidorekso Kudus.
Berdasarkan hasil analisis uji t satu pihak (pihak kanan) didapat thitung >
ttabel yaitu thitung = 2,549 > ttabel= 2,032. Hasil dari analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa jenis kelamin berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN 2 Sidorekso Kudus. Perolehan rata-rata nilai rapor IPS siswa laki-
laki berjumlah 18 siswa yaitu 81,389 dan rata-rata nilia rapor IPS siswa
perempuan berjumlah 18 siswa yaitu 83,667.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran dari penulis adalah guru hendaknya
memberikan pembelajaran di kelas sesuai dengan karakteristik siswa baik laki-
laki maupun perempuan sehingga nilai rapor yang diperoleh dapat seimbang
karena nilai laki- laki cenderung lebih rendah daripada nilai perempuan. Selain itu
siswa juga harus mematuhi perintah dari guru sehingga pembelajaran menjadi
lancar dan materi yang disampaikan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 04:07
Last Modified: 05 Nov 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item
View Item