CAHYANTI, SELVIAN DESTRIA (2020) ANALISIS MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SELVIAN DESTRIA CAHYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
SELVIAN DESTRIA CAHYANTI. NPM 16120126. “Analisis Manajemen
Ekstrakurikuler Paduan Suara SDN Gayamsari 02 Semarang)”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesritas
PGRI Semarang. 2020.
SDN Gayamsari 02 Semarang merupakan sekolah yang memiliki berbagai
macam kegiatan ekstrakurikuler salah satunya ekstrakurikuler paduan suara.
Dalam ekstrakurikuler paduan suara yang ada di SDN Gayamsari 02 Semarang
sudah sering meraih prestasi. Keberhasilan dalam kegiatan ekstrakurikuler tidak
lepas dari pengelolaan yang baik. Namun dalam kenyataannya banyak sekolah
yang belum mampu memaksimalkan pengelolaan manajemen di sekolah dengan
baik. Dari uraian tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang
pelaksanaan manajemen dalam kegiatan ekstrakurikuler di SDN Gayamsari 02
Semarang khususnya pada ekstrakurikuler paduan suara. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis bagaimana manajemen ekstrakurikuler paduan suara SDN
Gayamsari 02 Semarang.
Metodelogi penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskriptif
kualitatif dengan mengambil data sesuai fakta di lapangan. Instrumen dalam
penelitian ini berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh di lapangan dan pembahasan mengenai manajemen
ekstrakurikuler paduan suara SDN Gayamsari 02 Semarang, ada beberapa fungsi
dasar manajemen yang dilaksanakan, yaitu: perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan, pengkoordinasian, pengawasan dan evaluasi.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah perencanaan ekstrakurikuler
paduan suara sudah berjalan dengan baik sesuai Rencana Kerja Sekolah,
Pengorganisasian telah dilaksanakan dengan terstruktur, penggerakan atau
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler paduan suara sudah berjalan dengan optimal
sesuai dengan buku panduan. Selain itu sarana dan prasarana dalam
ekstrakurikuler paduan suara juga sudah terpenuhi. Pengkoordinasian selalu
dilakukan oleh pihak sekolah untuk membahas setiap kendala yang ada dalam
ekstrakurikuler paduan suara. Pengawasan kegiatan ekstrakurikuler paduan suara
dilaksanakan dengan cara mengabsensi siswa dan selalu memberikan
pendampingan kepada siswa pada saat kegiatan ekstrakurikuler paduan suara
dilaksanakan. Kemudian evaluasi telah dilaksanakan dengan tepat sasaran, terdiri
atas kegiatan rapat anggota tahunan dan penilaian terhadap siswa yang mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler paduan suara.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua fungsi manajemen seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengkoordinasian, pengawasan dan
evaluasi sudah dijalankan dengan baik dan terstruktur. Kemudian saran yang
dapat disampaikan agar sistem pengelolaan terhadap program kegiatan
ekstrakurikuler paduan suara selalu diunggulkan dan ditingkatkan agar selalu
bertahan dan berkualitas sehingga menjadi lebih baik dan sempurna dalam
programkegiatan ekstrakurikuler paduan suara selanjutnya.
Kata kunci: Manajemen, ekstrakurikuler, paduan suara
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:02 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7104 |