PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

OTAVIA, SARI (2019) PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 01 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SARI OTAVIA.pdf] Text
SARI OTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan pemilihan media yang sesuai
dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk materi menulis
teks fabel. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP PGRI 01
Semarang keterampilan menulis siswa masih terbatas, hal ini salah satunya
disebabkan oleh pemilihan media yang kurang menarik perhatian siswa. Selain
itu, pemilihan media yang dilakukan juga kurang menstimulasi siswa dalam
mengembangkan keterampilan menulis. Melihat kondisi seperti itu, perlu adanya
media yang tepat dan menarik untuk dapat membangun minat belajar peserta didik
dalam pembelajaran menulis teks fabel kelas VII SMP PGRI Semarang. Salah
satu media yang dapat diterapkan pada penelitian ini adalah media video.
Rumusan masalah penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan media video
dalam pembelajaran menulis teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP PGRI
01 Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan media video dalam pembelajaran menulis teks fabel
pada peserta didik kelas VII SMP PGRI 01 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII F. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengukur tingkat
pemahaman dan kemampuan peserta didik. Hasil tes tersebut berupa nilai. Teknik
nontes yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis kualitatif
deskriptif dari hasil tes, observasi, dan angket. Teknik penyajian data dalam
penelitian ini disajikan dengan cara menganalisis dan mendeskripsiskan tentang
penerapan media video dalam pembelajaran menulis teks fabel.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam Penerapan Media
Video dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Peserta Didik Kelas VII
SMP PGRI 01 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019, diketahui bahwa media
video dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks fabel. Nilai rata-rata
yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis teks fabel adalah 76 dan
nilai tersebut telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
Penerapan media video dalam pembelajaran menulis teks fabel membuat peserta
didik lebih fokus dan antusias dari sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari
hasil kemampuan menulis teks fabel dan tanggapan peserta didik. Berdasarkan
data yang telah diambil, menunjukkan bahwa 30 peserta didik paham, 20 peserta
didik tidak menemukan kesulitan, 29 menemukan ispirasi, 28 peserta didik tidak
merasa bosan, dan 28 peserta didik kreatifitas yang dimiliki meningkat.
Bedasarkan data tersebut menunjukkan bahwa media video dapat membantu
peserta didik dalam pembelejaran menulis tek fabel.
Saran dalam melengkapi penelitian ini yakni penerapan media video dalam
pembelajaran menulis teks fabel dapat membantu peserta didik dalam menemukan
inspirasi dan menarik antusias peserta didik agar lebih fokus dalam membuat teks
fabel.
Kata kunci: penerapan, media video, pembelajaran menulis, teks fabel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:52
Last Modified: 05 Nov 2024 03:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7093

Actions (login required)

View Item
View Item