IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI LAGU INDONESIA RAYA 3 STANZA DI SD NEGERI PLEBURAN 01 SEMARANG

WIDYANINGRUM, LINA (2020) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI LAGU INDONESIA RAYA 3 STANZA DI SD NEGERI PLEBURAN 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LINA WIDYANINGRUM.pdf] Text
LINA WIDYANINGRUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

LINA WIDYANINGRUM. NPM 15120210 “Implementasi Penguatan
Pendidikankarakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Di
SD Negeri Pleburan 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.2019.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penguatan
pendidikan karakter cinta tanah air dan implementasi penguatan pendidikan
karakter cinta tanah air melalui lagu Indonesia Raya 3 stanza di SD Negeri
Pleburan 01 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pelaksanaan penguatan pendidikan karakter cinta tanah air dan untuk mengetahui
implementasi penguatan pendidikan karakter cinta tanah air melalui lagu
Indonesia Raya 3 stanza di SD Negeri pleburan 01 Semarang.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
diperoleh melalui sumber data diantaranya kepala sekolah, guru kelas III, guru
kelas IV, peserta didik kelas III dan kelas IV.
Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data
menggunakan credibility (kepercayaan), dengan menggunakan triangulasi data
tehnik dan triangualasi data sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak sekolah melaksanakan
penguatan karakter cinta tanah air dengan berbagai kegiatan yaitu kegiatan
upacara, kegiatan menyanyikan lagu nasional diawal dan diakhir pembelajaran,
Kegiatan memperkenalkan tokoh-tokoh pahlawan melalui foto diruang kelas.
Seluruh kegiatan sudah terlaksana kecuali kegiatan memperkenalkan tokoh-tokoh
pahlawan melalui foto diruang kelas. Sedangkan untuk implementasi penguatan
pendidikan karakter cinta tanah air melalui lagu Indonesia Raya 3 Stanza telah
terlaksana dengan baik dan pihak sekolah menemui hambatan hambatan yang
berupa lirik lagu Indonesia Raya 3 Stanza yang terlalu panjang dan kemampuan
daya ingat masing-masing peserta didik yang berbeda diluar jangkauan guru
dankedisplinan peserta didik yang kurang baik.Solusi yang diterapkanoleh guru
danpihaksekolahdalammenghadapihambatanimplementasipenguatanpendidikanka
raktercintatanah
air
melaluilagu
Indonesia
Raya
3
Stanza
yaitudenganmenggunakan LCD proyektor.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru agar lebih mengembangkan
kegiatan-kegiatan
untuk
menguatkan
karakter
kepada
peserta
didik,
mempertahankan dan meningkatkan keteladanan supaya dapat memberi contoh
yang baik bagi peserta didiknya dan tidak perlu ragu untuk memberi hukuman
terhadap peserta didik yang berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter
yang ada.
Kata kunci: pendidikan karakter, cinta tanah air, Indonesia raya 3 stanza

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:51
Last Modified: 05 Nov 2024 03:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7090

Actions (login required)

View Item
View Item