PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEMPET

SANDYARIESTA, DINAR (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEMPET. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DYNAR SANDYA.pdf] Text
DYNAR SANDYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DINAR SANDYARIESTA. NPM 15110142. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Problem Solving terhadap Kemandirian Belajar Siswa
Kelas X SMA Negeri 1 Dempet” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Unversitas PGRI Semarang 2020.
Pembimbing I Dr. Yovitha Yulietjantiningsih., M.Pd. pembimbing II Dra. Tri
Hartini, S.Pd., M.Pd., Kons.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap
kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dempet? Adapun tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kemandirian
belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dempet.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan True
Experimental model Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Dempet, yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah populasi 200 siswa. Satu kelas digunakan untuk try out,
sedangkan sampelnya terdiri dari 6 kelas dengan mengambil 20 siswa secara acak
untuk dijadikan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik sampling
yang digunakan adalah Simple Random Sampling, metode pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui skala psikologis kemandirian belajar.
Dari hasil perhitungan analisis skala kemandirian belajar pada kelompok
eksperimen dengan menggunakan uji-t hasil posttest menunjukan rata-rata
kelompok eksperimen sebesar 4,5 dan kelompok kontrol sebesar 74,2. Sehingga
terjadi peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 9,3. Pada
perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 3,198, dan ttabel diperoleh dari dk =
n1 + n2 = 18 pada taraf signifikan 5% sebesar 2,101.
Dengan hasil tersebut berarti thitung (3,198) > ttabel (2,101), maka Ha
diterima dan Ho ditolak. Demikian hipotesis dinyatakan diterima yang berbunyi
viii
“ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving
terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dempet”.
Saran yang dapat peneliti sampaikan bagi guru BK hendaknya dapat
menggunakan dan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik
Problem Solving terhadap Kemandirian Belajar, bagi siswa dapat mengikuti
layanan bimbingan kelompok secara aktif.
Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving,
Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:50
Last Modified: 05 Nov 2024 03:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item
View Item