PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 LEBAK JEPARA JAWA TENGAH

KHASANAH, DYKA USWATUN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 03 LEBAK JEPARA JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DYKA USWATUN KHASANAH.pdf] Text
DYKA USWATUN KHASANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DYKA USWATUN KHASANAH. NPM 16120040 “Pengaruh Model
Project Based Learning Berbasis Etnosains Tema Lingkungan Sahabat Kita
Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa
tengah”. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2020. Pembimbing I : Fine Reffiane,
S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II: Mila Karmila, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Aktivitas belajar siswa yang masih
rendah atau kurang dari kriteria baik pada kelas V SDN 03 Lebak Jepara Jawa
Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perbedaan rata-
rata aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning berbasis Etnosains dengan model konvensional pada peserta didik kelas
V SD N 3 Lebak Jepara Jawa Tengah dan Bagaimana pengaruh model project
based learning berbasis etnosains tema lingkungan sahabat kita terhadap aktivitas
belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Lebak Jepara Jawa Tengah. Tujuan penelitian
yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata aktivitas belajar
siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis
Etnosains dengan model konvensional pada peserta didik, dan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh model project based learning berbasis etnosains tema
lingkungan sahabat kita terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 3
Lebak Jepara Jawa Tengah
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group
Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN
03 Lebak Jepara Jawa Tengah. Sampel yang diambil adalah satu kelas siswa dari
kelas V SDN 03 Lebak yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan teknik
Non Probabiliy Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya
perbedaan rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan dan
menunjukan adanya pengaruh model project based learning berbasis etnosains
terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 72%. Dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model project based learning berbasis etnosains terhadap aktivitas
belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Lebak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:46
Last Modified: 05 Nov 2024 03:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item
View Item