PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-FIELD INDEPENDENT

MAYANGSARI, ADITYAS (2020) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-FIELD INDEPENDENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADITYAS MAYANGSARI.pdf] Text
ADITYAS MAYANGSARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya
kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H
SMPN 1 Demak tahun ajaran 2020/2021 yang dipilih minimal satu siswa untuk
mewakili tipe gaya kognitif field dependent dan satu siswa untuk mewakili tipe
gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tes
Group Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kreatif matematis
dan wawancara berbasis tes. Pengambilan data penelitian melalui tes dan
wawancara dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada tahap 1 dan tahap 2. Uji
keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang
bergaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi pada indikator
kefasihan, untuk indikator fleksibilitas dan kebaruan belum memenuhi.
Sedangkan siswa yang bergaya kognitif field independent mampu memenuhi
ketiga indikator yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:43
Last Modified: 05 Nov 2024 03:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7081

Actions (login required)

View Item
View Item