PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUNJUNGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROSYADA, SABILA AULIA (2019) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUNJUNGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of SABILA AULIA ROSYADA.pdf] Text
SABILA AULIA ROSYADA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sabila Aulia Rosyada. NPM 15410154. Penerapan Model Contextual
Teaching and Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi pada Peserta
Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tunjungan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1
Dr. Asropah, M.Pd. dan Pembing II Drs. Murywantobroto, M.Hum. Juli 2019.
Kata kunci: penerapan, model Contextual Teaaching and Learning, menulis teks
persuasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kemampuan menulis teks persuasi
yang masih dibawah rata-rata 75 pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Tunjungan. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode yang digunakan masih
bersifat ceramah. Melihat keadaan tersebut perlu diupayakan penggunaan model
pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam
pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Tunjungan. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu Contextual Teaaching
and Learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis
teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tunjungan Tahun
Pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan
penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tunjungan
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknis tes dan nontes. Teknik tes berupa menyajikan teks persuasi secara tulis
sesuai dengan tema, truktur, kaidah kebahasaan dan korelasi antar paragraf.
Sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi kegiatan pembelajaran guru
maupun peserta didik dan angket. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 31 peserta didik
sebagai kelas yang dijadikan penelitian. Teknik penyajian hasil analisis data
dilakukan secara kualitatif yakni menganalisis dengan cara mendeskripsikan
penerapan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menulis
teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tunjungan.
Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran menulis teks persuasi dengan
menggunakan model Contextual teaching and Learning dapat diterapkan dalam
pembelajaran menulis teks persuasi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Tunjungan
tahun pelajaran 2017/2018. Kemampuan peserta didik dalam menulis teks
persuasi memperoleh nilai dengan kategori baik. Peserta didik dapat menulis teks
persuasi dengan menganalogikan tema yang sudah ditentukan. Dengan demikian,
peserta didik dapat menuangkan ide-ide secara bebas. Hal tersebut dapat dilihat
dari nilai rata-rata peserta didik mencapai 88, nilai tertinggi 100, dan nilai
terendah 76.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:36
Last Modified: 05 Nov 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7074

Actions (login required)

View Item
View Item