PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER DISIPLIN TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU SUB TEMA 2 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

LESTARI, DYAH FRIKA (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER DISIPLIN TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU SUB TEMA 2 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DYAH FRIKA LESTARI.pdf] Text
DYAH FRIKA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DYAH FRIKA LESTARI. NPM 16120058..” Pengembangan Model
Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani Dalam Karakter Disiplin Tema 4
Kewajiban dan Hakku Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah Bagi Siswa
Kelas III Sekolah Dasar”. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Asep Ardiyanto,
S.Pd., M.Or . pembimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. November 2020.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya model
pembelajaran serta siswa kurangnya antusias dalam pengikuti kegiatan
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di
lingkungan Sekolah Dasar Negeri Lahar 01.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan
model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter disiplin tema 4
Kewajiban dan Hakku sub tema Kewajiban dan Hakku di Sekolah bagi siswa
kelas III Sekolah Dasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (RnD). Model yang digunakan
dari ADDIE dengan memperoleh data melalui cara wawancara, penyebaran
angket dan dokumentasi .Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III
dengan jumlah 10 siswa Sekolah Dasar dan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan (PJOK).
Adapun kriteria valid berdasarkan uji validasi yang dilakukan oleh ahli
model dan ahli materi. Hasil uji validasi model mencapai tingkat 90,5% dengan
kategori “Sangat Layak” dan hasil uji validasi materi mencapai kevalidan sebesar
88% dengan kategori “Sangat Layak”. Dapat dikatakan praktis berdasarkan
penilian hasil respon siswa mencapai 99% dengan kategori “Sangat Layak” . pada
hasil keefektifan siswa melakukan pre tes dengan rata-rata nilai 78 dan
berdasarkan posttes dengan rata-rata nilai 89,8. Sehingga pada model
pembelajaran berbasis aktivitas jasmani efektif dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disampaikan
bahwa pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani, valid dan
praktis serta efektif digunakan sebagai model pembelajaran kelas III Sekolah
Dasar. Diharapkan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani yang lebih
inovatif agar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:22
Last Modified: 05 Nov 2024 03:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item
View Item