PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI JAMUR DEUTEROMYCOTA BERMUATAN SUSTAINABILITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA

Jannah, Lia Rochmatul (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI JAMUR DEUTEROMYCOTA BERMUATAN SUSTAINABILITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Lia Rochmatul Jannah.pdf] Text
Lia Rochmatul Jannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran bermuatan
sustainability pada materi jamur deuteromycota untuk meningkatkan literasi sains siswa
SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Silabus, RPP, LKS, Media
Pembelajaran. Kelayakan perangkat pembelajaran dilihat berdasarkan aspek kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian Research and Development. Pengembangaan perangkat pembelajaran
menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dimana
dalam tahapannya terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Pada
peneliti ini dimulai dari tahap define (pendefinisian) sampai tahap development
(pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi,
angket, dan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N
1 Wiradesa yang dipilih sebagai uji coba terbatas. Hasil analisis data penelitian yang
menunjukan bahwa : (1) pengembangan perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli
sustainability dengan nilai rata-rata 87,5% serta ahli materi dengan nilai rata-rata 76,68%
sehingga dikategorikan perangkat pembelajaran bermuatan sustainability valid; (2) siswa
memberikan respon positif terhadap pembelajaran sehingga perangkat pembelajaran
dalam kategori praktis; (3) melihat keefektifan hasil prettest sebesar 71 dan posttest
sebesar 90 mengalami peningkatan hasil literasi sains siswa dilihat dari hasil N-Gain
sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran pada materi jamur deuteromycota yang
dikembangkan bermuatan sustainability layak digunakan untuk meningkatkan literasi
sains siswa X MIPA 1 SMA N 1 Wiradesa.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Materi Jamur Deuteromycota, Sustainabilitry,
Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:20
Last Modified: 05 Nov 2024 03:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item
View Item