Sofiarum, Dwita (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) DAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dwita.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan saintific pada model
pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan Cooperative
Script. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan representasi
matematis siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model
CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan Cooperative Script terhadap
Kemampuan
Representasi
Matematis
Siswa
SMP.
Penelitian
ini
adalah
penelitiankuantitatif yang dilakukan dengan metode penelitian Quasi Eksperiment di
kelas VII SMP Institut Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster
Random Sampling dengan sampel kelas VII C kelompok eksperimen 1, VII B kelompok
eksperimen 2, dan VII A kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan cara
pemberian tes kemampuan representasi matematis, dan dokumentasi. Instrumen berupa
post test kemampuan representasi matematis. Pengolahan data dilakukan dengan
menggunakan uji anava satu arah, uji t, dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian
menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing,
Reflecting, Extending) dan model pembelajaran Cooperative Script dengan model
pembelajaran konvensional; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada
model pembelajaran konvensional; (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Cooperative Script lebih baik daripada model pembelajaran konvensional;
(4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan model pembelajaran
Cooperative Script; (5) hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran CORE
(Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan model pembelajaran Cooperative
Script mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal; (6) terdapat
perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model
pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan model
pembelajaran Cooperative Script dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Cooperative
Script, kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7055 |