NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA FABEL KEJUJURAN & ANTIKORUPSI KARYA PERTIWI DAN UTAMI PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS FABEL MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP

ERDIANA, ADINDA (2020) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA FABEL KEJUJURAN & ANTIKORUPSI KARYA PERTIWI DAN UTAMI PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS FABEL MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADINDA ERDIANA.pdf] Text
ADINDA ERDIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi maraknya kasus yang disebabkan oleh
kurangnya pendidikan karakter,seperti tawuran antarpelajar, perilaku tidak jujur,
penyalahgunaan obat-obatan terlarang, korupsi, bullying, dll. Melalui pembelajaran
teks fabel bermuatan nilai pendidikan karakter dengan strategi Contextual Teaching
and Learning (CTL), peserta didik dapat belajar melalui pengalaman yang terdapat
dalam cerita fabel tersebut sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimanakah nilai-nilai
pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran & Antikorupsi karya
Pertiwi dan Utami? dan (2) Bagaimanakah langkah-langkah strategi Contextual
Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran mengidentifikasi teks fabel
bermuatan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan
Antikorupsi karya Pertiwi dan Utami?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan Antikorupsi karya Pertiwi dan
Utami serta mendeskripsikan langkah-langkah strategi Contextual Teaching and
Learning (CTL) pada pembelajaran mengidentifikasi teks fabel bermuatan nilai
pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan Antikorupsi karya
Pertiwi dan Utami.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah penggalan cerita yang merujuk
pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel yang berjudul
Kejujuran dan Antikorupsi karya Pertiwi dan Utami. Data diperoleh dengan
menggunakan teknik analisis konten, observasi, dan wawancara. Teknik analisis
konten digunakan untuk mengumpulkan data terkait nilai-nilai pendidikan karakter
sedangkan obsrvasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui fakta dan
memperoleh informasi mengenai srategi pembelajaran pada teks fabel.
Hasil penelitian dari nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel
Kejujuran dan Antikorupsi menunjukkan bahwa telah ditemukan 13 nilai
pendidikan karakter dalam cerita tersebut dan selanjutnya dapat digunakan untuk
mengedukasi peserta didik dalam pembelejaran mengidentifikasi teks fabel
bermuatan pendidikan karakter dengan menggunakan Contextual Teaching and
Learning (CTL).
Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, strategi pembelajaran contextual teaching
and learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:14
Last Modified: 05 Nov 2024 03:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7053

Actions (login required)

View Item
View Item