PENERAPAN MEDIA GRAFIS BERTEMA KARTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NU 07 PATEBON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WINARNI, DWI (2020) PENERAPAN MEDIA GRAFIS BERTEMA KARTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NU 07 PATEBON KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dwi Winarni.pdf] Text
Dwi Winarni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dwi Winarni. NPM 15410148. Penerapan Media Grafis Bertema Kartun
dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen pada Peserta Didik Kelas VII MTs NU
07 Patebon Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi program
studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Arisul Ulumuddin, S.Pd., M.Pd., dan
Pembimbing II Larasati, S.Pd., M.Pd. Januari 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi ketidaktertarikan peserta didik dalam menulis
pada peserta didik kelas VII MTs NU 07 Patebon Kendal, khususnya menulis teks
cerpen. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan penerapan media tertentu
untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam menulis sehingga
memudahkan peserta didik dalam menulis teks cerpen pada peserta didik kelas VII
MTs NU 07 Patebon Kendal. Media yang digunakan adalah media pembelajaran
berupa kartun. Media juga membantu guru dalam menerangkan materi sehingga
peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
media grafis bertema kartun dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta
didik kelas VII MTs NU 07 Patebon Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Adapun
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media kartun dalam
pembelajaran menulis teks cerpen pada peserta didik kelas VII MTs NU 07 Patebon
Kendal tahun pelajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan
teknik tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan cara memberikan soal tes
berupa media kartun untuk menulis teks cerpen, dan teknik nontes dilakukan
dengan melakukan observasi dan angket. Dari hasil yang didapat berupa data tes
dan nontes. Data tes yang diperoleh yaitu berupa nilai rata-rata siswa yang
mencapai 80,20 atau kategori baik dan mencapai KKM, dengan nilai terendah 80
atau kategori cukup sebanyak 23 peserta didik dan nilai tertinggi 95 atau kategori
sangat baik sebanyak 1 peserta didik, serta dengan kategori baik dengan nilai 90
sebanyak 11 peserta didik. Pada penelitian ini mengambil data nontes yaitu berupa
kegiatan observasi dan pengisian angket oleh peserta didik.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus memperhatikan
penerapan media yang tepat digunakan sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai degan optimal. Lingkungan yang dibangun guru harus mendorong cara
berpikir kreatif, efektif, evaluasi kritis, dan cara pikir yang berdaya guna.
Kata kunci : penerapan, media grafis, kartun, teks cerpen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:14
Last Modified: 05 Nov 2024 03:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7052

Actions (login required)

View Item
View Item