SEPTIANTO, ADI (2020) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADI SEPTIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ADI SEPTIANTO. NPM 16120166. “Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam
Film Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2020. Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. dan Pembimbing
II Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berkembangnya jaman
yang semakin maju mempengaruhi karakter bangsa. Hal tersebut disebabkan
karena mudahnya dunia maya yang masuk ke Indonesia dan diterima dengan
mentah terutama anak-anak.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
nilai karakter yang terkandung dalam film Keluarga Cemara karya Arswendo
Atmowiloto yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter penonton
khususnya anak-anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Film Keluarga Cemara
yang mengandung nilai karakter. Sampel diambil menggunakan purposive
sampling, yaitu dari durasi film 1 jam 50 menit 13 detik, diambil tujuh puluh
scene film. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
melalui menyimak dan catat dalam menyimpulkan data. Penguji keabsahan data
dipilih Guru SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang dan Dosen Universitas
PGRI Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian melalui pendeskripsian,
ditemukan nilai karakter pada Film Keluarga Cemara Karya Arswendo
Atmowiloto. Nilai karakter ditunjukkan melalui kalimat-kalimat dalam tiap scene
film.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya 70 nilai karakter yang
terdapat dalam film Keluarga Cemara karya Arswendo Atmowiloto. Dari
keseluruhan scene film yang digunakan untuk sampel, muncul nilai karakter
dengan persentase yaitu religius 1,42%, jujur 11,42%, toleransi 12,85%, disiplin
4,28%, kerja keras 15,71%, kreatif 4,28%, mandiri 4,28%, demokratis 8,57%, rasa
ingin tahu 7,14%, semangat kebangsaan 0%, cinta tanah air 0%, menghargai
prestasi 2,85%, bersahabat/komunikatif 8,57%, cinta damai 4,28%, gemar
membaca 0%, peduli lingkungan 1,42%, peduli sosial 2,85%, tanggung jawab
10,00%.. Saran dari peneliti yang dapat disampaikan untuk para penonton agar
lebih selektif dalam memilih tontonan film yang tepat dan baik untuk anak-anak
yang dapat meningkatkan nilai karakter anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7038 |