TRIYADI, ROHI (2019) UPAYA MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ROHI TRIYADI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Rohi Triyadi. NPM 15110145:“Upaya mereduksi prokrastinasi
akaademikmelalui konseling kelompok dengan pendekatan realita kelas XI
MIPA SMA Negeri 3 Pemalang” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Ada beberapa siswa yang terkendala dalam mengerjakan tugas-tugas
dikarenakan tidak suka pelajaran tersebut selaian itu siswa juga harus
menyelesaikan tugas akademiknya seperti mengikuti ulangan harian, ulangan
tengah semester, ulangan naik kelas dan ditambah lagi ada siswa yang ikut
mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada disekolah.Banyaknya kegiatan dan
tugas yang diberikan oleh guru yang merupakan salah satu syarat untuk
mendapatkan nilai maka tugas tersebut tidak terselesaikan tepat waktu.
Ketidaktepatan mengerjakan tugas dari kondisi menunda waktu dan penundaan
terhadap tugas dan kewajiban yang sedang dihadapi oleh siswa
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian
quasi-experimental designs.dengan model pre-test post-test control group
design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMANegeri 3
Pemalangdengan jumlah 177 siswa.Kelas XI MIPA 2 adalah kelas yang
dipergunakan untuk tryout.Sampel dalam penelitian yaitu16 siswa dibagi menjadi
dua yaitu 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 untuk kelompok kontrol
dengan menggunakan purposive sampling. Damalam penelitian ini data diperoleh
melalui instrumen penelitian berupa skala psikologi komunikasi interpersonal.
Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test,treatment, dan post-test.
Treatmen dilaksanakan sebanyak lima kali pada kelompok eksperimen dengan
rata-rata 79,25 menjadi 65 menurun sebnyak 14,65. Hasil uji hipotesis diperoleh
hasil hasil Sebesar 3,58 dan diperoleh dari db= n-2 sebesar 2,14 pada
taraf 5%. Berarti (3,58) > (2,14), maka hipotesis alternatif (Ha) yang
berbunyi “ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik realita untuk
mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA N 3 Pemalang
Saran bagi guru BK/konselor hendaknya dapat menggunakan dan
memanfaatkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita
untukmereduksi akademik siswa. Bagi siswa dapat mengikuti layanan konseling
kelompok
Kata Kunci: konseling kolompok, realita, prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:59 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7035 |