PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI PERMAINAN TERHADAP KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG

PERMATASARI, DWI (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI PERMAINAN TERHADAP KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dwi Permatasari.pdf] Text
Dwi Permatasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dwi Permatasari, NPM 14110160 “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Permainan Terhadap
Kreativitas Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 8
Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons., Pembimbing II Agus
Setiawan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya
kreativitas dalam pemecahan masalah. Berdasarkan data yang
diperoleh siswa masih banyak menggunakan cara negatif dalam
memecahkan masalah, jika ada masalah siswa murung, diam dan
menyendiri dan tersinggung saat diberi masukan, siswa bermusuhan
dan tidak saling sapa karena sukar menerima kekalahan, dan tidak
mampu mengemukakan solusi untuk permasalahannya. Pembahasan
yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan terhadap
kreativitas pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 8
Semarang 2019/2020. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui “ pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik simulasi permainan terhadap kreativitas pemecahan
masalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang”. Metode penelitian
ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian true experimental design
dengan desain Pretest Postetst Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 177 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 20
siswa yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sample random
sampling. Data dalam penelitian diperoleh melalui instrumen
penelitian skala kreativitas pemecahan masalah. Hasil analisis dengan
menggunakan Uji- t. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata kelompok
eksperimen 12,2 dan rata-rata kelompok kontrol 11,7. Sedangkan hasil
post-test kelompok eksperimen menunjukkan rata rata 17,8 dengan
peningkatan 5,6. Sedangkan kelompok kontrol dengan rata-rata 13,7
menunjukkan peningkatan 1,9. Berdasarkan hasil analisis penelitian
bahwa uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh thitung sebesar 3,358.
Pada signifikan 5% berarti thitung 3,358 > ttabel 2,101. Dengan demikian
hipotesis diterima. Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok
dengan teknik simulasi permainan terhadap kreativitas pemecahan
masalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok dengan teknik simulasi permainan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:58
Last Modified: 05 Nov 2024 02:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item
View Item