FADILAH, ROHAYATUN NUR (2020) ANALISIS KEBUTUHAN AWAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS E-BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII TUNAGRAHITA SLB WIDYA BHAKTI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ROHAYATUN NUR FADILAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Rohayatun Nur Fadilah. NPM 16410173. Analisis Kebutuhan Awal
Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis E-Book Pada Peserta
Didik Kelas VII Tunagrahita SLB Widya Bhakti Semarang. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd
dan Dosen Pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd. Juni 2020.
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah belum banyaknya variasi
bahan ajar yang digunakan di SLB C Widya Bhakti Semarang. Perlu adanya
variasi bahan ajar untuk memenuhi kebutuhan peserta didik khususnya bagi
peserta didik dengan kategori tunagrahita. Inovasi bahan ajar diperlukan, karena
bahan ajar yang digunakan rata-rata dikemas dalam bentuk buku. Bentuk yang
dimaksud yaitu e-book, Pop-Up Book, Buku Ilustrasi, dll.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis kebutuhan
awal pengembangan bahan ajar berbasis e-book pada peserta didik kelas VII
tunagrahita. Rumusan masalah lain yaitu bagaimana analisis jenis e-book yang
digunakan dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas VII tunagrahita,
dan bagaimana analisis kebutuhan penggunaan bahan ajar berbasis e-book pada
peserta didik kelas VII tunagrahita. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan
kebutuhan awal dalam pengembangan bahan ajar berbasis e-book pada peserta
didik kelas VII tunagrahita. Tujuan lain yaitu mendeskripsikan jenis e-book yang
telah digunakan sebelumnya dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas
VII tunagrahita, dan mendeskripsikan sejauh mana penggunaan kebutuhan bahan
ajar e-book pada peserta didik kelas VII tunagrahita.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi literatur. Teknik yang
digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan desain Research and
Development. Teknik tersebut didapatkan melalui wawancara, studi pustaka,
angket nontes, buku, dan jurnal. Analisis data secara kualitatif selama di lapangan
dengan penumpulan data dilakukan tiga aktivitas, yaitu data reduction, data
display, dan conclusion drawing/verification. Analisis data bahan ajar melalui tiga
ahli komponen. Komponen tersebut meliputi media, materi, dan praktisi. Teknik
penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif. Penilaian tersebut
nantinya
akan
dijabarkan
dengan
mendeskripsikan
hasil
dari
analisis
pengembangan bahan ajar di SLB C Widya Bhakti Semarang.
Hasil analisis dari penelitian studi pustaka yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa, 1) Analisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar e-book
di SLB C Widya Bhakti Semarang dilakukan dengan menganalisis bahan ajar
melalui tiga komponen (ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi). 2) Jenis bahan
ajar yang digunakan di SLB meliputi Pop-Up Book, buku panduan, LKS, video,
dan buku ajar SD kelas 3,5,dan 6. 3) Ada dua faktor yang perlu dipersiapkan yaitu kesesuaian karakter peserta didik tunagrahita dan materi yang dirancang secara
sederhana.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat memilih dan menggunakan
bahan ajar yang lebih spesifik untuk peserta didik tunagrahita. Bagi peneliti perlu
inovasi bahan ajar yang sesuai dengan sandar komponen e-book.
Kata Kunci: Analisis, Pengembangan Bahan Ajar, E-book, SLB.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:57 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7032 |