NUGROHO, ADI DIAN (2019) PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PANCUR KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADI DIAN NUGROHO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Adi Dian Nugroho. NPM 15410034. Penerapan Media Poster dalam
Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek pada Peserta Didik Kelas VII SMP
Negeri 1 Pancur Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi.
Fakultas Pendidikan Bahasan Dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing
I Dra. Ambarini Asriningsari, M.Hum. Pembimbing II Mukhlis, S.Pd., M.Pd.
Oktober 2019.
Kata kunci: penerapan, media poster, menulis teks cerpen.
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang belum didukung dengan
maksimal yaitu penggunaan media yang digunakan semata hanya fokus pada buku
ajar guru, media pembelajaran belum ada yang cocok untuk mendukung kegiatan
belajar mengajar. Media buku ajar guru sering digunakan pada kegiatan belajar
mengajar dalam kompetensi dasar yang lain. Sehingga untuk mencapai daya
imajinasi peserta didik yang tinggi dapat dikatakan belum tercapai. Perlu adanya
pembaharuan alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar,
menggunakan media poster.
Rumusan masalah bagaimana penerapan media poster dalam pembelajaran
menulis cerita pendek pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pancur
kabupaten Rembang tahun pelajaran 2019/2020?
Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapan media poster dalam
pembelajaran menulis cerita pendek pada peserta didik kelas VII SMP negeri 1
Pancur kabupaten Rembang tahun pelajaran 2019/2020.
Metode penelitian dengan cara pendekatan kualitatif yang berbentuk
deskripsi narasi, tidak berbentuk hitungan angka. Teknik pengumpulan data
diambil dari nilai tes kognitif, dan psikomotorik menulis cerita pendek, nilai sikap
religious, jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Serta data nontes dari hasil
observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Hasil penelitian diketahui nilai tes kemampuan kognitif dengan hasil nilai
tertinggi 100, dan nilai terendah 50 dengan nilai rata-rata 85 termasuk dalam
kategori sangat baik karena, tigkat nilai rata-rata tersebut mencapai standar
kriteria ketuntasan minimum yaitu 71.
hasil nilai tes kemampuan psikomotorik terdapat nilai tertinggi dengan
total poin 100, untuk nilai terendah dengan total poin 62 dan rata-rata dari hasil
nilai tes dengan nilai 87, masuk dalam rentang kategori sangat baik. Berdasarkan
hasil penelitian penerapan media poster dalam pembelajaran menulis teks cerpen
pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Pancur Kabupaten Rembang tahun pelajaran
2019/2020 dapat diterapkan sesuai dengan pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:55 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7029 |