ADITYA, RIZQI (2020) PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIZQI ADITYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Rizqi Aditya NPM 15410122. “Penerapan Metode Example non Example dalam
Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP N
1 Kembang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Agus Wismanto,S.Pd,M.Pd dan
Pembimbing II Pipit Mugi Handayani, S.S., M.A. Juni 2020.
Kata kunci: penerapan, Metode, Example non Example, Teks Berita
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kembang adalah hasil dari pembelajaran
mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang masih dibawah rata-rata yaitu 70.
Rendahnya nilai rata-rata tersebut disebabkan dalam pembelajaran mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional,
guru yang lebih sering menyampaikan materi menggunakan metode ceramah sehingga
membuat peserta didik kurang bersemangat dalam menerima pelajaran. Untuk
memperbaiki pembelajaran guru harus menerapkan metode yang tepat untuk mendukung
keberhasilan suatu proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran untuk
menumbuhkan minat peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kembang adalah metode Example non
Example.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode
Example non Example dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada
siswa kelas VIII SMP N 1 Kembang tahun pelajaran 2019/2020.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes.
Teknik tes dilakukan dengan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita, sedangkan teknik
non tes berupa lembar angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripsi. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B SMP N 1
Kembang sebanyak 27 peserta didik. Teknik penyajian analisis data dalam penelitian ini
dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu dalam penyajiannya menggunakan kata-kata
sebagai pendeskripsiannya tentang keadaan peserta didik dalam kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan menggunakan penerapan metode
Example non Example.
Hasil penelitian ini diperoleh dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur
teks berita dengan menggunakan penerapan metode Example non Example dapat
diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada peserta
didik kelas VIII di SMP N 1 Kembang. Hasil penelitian tersebut dilihat dari kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan menggunakan metode Example non
Example dengan rata-rata nilai 80, nilai tertinggi 90 sebanyak 6 peserta didik, nilai
terendah 70 sebanyak 5 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:52 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7028 |