ARTIKA, RIZMA VIRA (2019) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU MEDIA KERTAS LIPAT TERHADAP PENANAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS II SDN BANYUBIRU 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIZMA VIRA ARTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
RIZMA VIRA ARTIKA. NPM 15120046. “Pengaruh Model Realistic Mathematics
Education (RME) berbantu Media Kertas Lipat terhadap Penanaman Konsep Bangun
Datar (Studi Deskriptif terhadap Mata Pelajaran Matematika SDN Banyubiru 01
Kabupaten Semarang)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya penanaman
konsep matematika pada siswa kelas II khususnya pada materi bangun datar. Hal
tersebut disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru kurang melakukan
variasi dalam pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media untuk menunjang
pembelajaran, serta guru kurang memperhatikan siswa yang kurang mampu dalam
menguasai pembelajaran.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh model
RME berbantu media kertas lipat terhadap penanaman konsep bangun datar pada
mata pelajaran matematika SDN Banyubiru 01 Kabupaten Semarang?”
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design
dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
II SDN Banyubiru 01 Kabupaten Semarang yang mana jumlah siswa kelas II SDN
Banyubiru 01 Kabupaten Semarang adalah 30 siswa. Analisis data dalam penelitian
menggunakan uji normalitas awal pada nilai pretest, uji normalitas akhir pada
posttest, uji regresi, serta uji ketuntasan belajar. Teknik pengumpulan data seperti tes
dan dokumentasi.
Hasil akhir dalam perhitungan uji regresi diperoleh harga rhitung = 0,869
sedangkan harga rtabel = 0,361, karena rhitung > rtabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara keterampilan siswa dengan penanaman konsep bangun datar mata
pelajaran matematika siswa kelas II SDN Banyubiru 01 melalui penggunaan model
RME berbantu media kertas lipat. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil data yaitu
rata-rata nilai pretest atau sebelum diberi perlakuan menggunakan model RME
adalah 59,5 dan rata-rata nilai posttest atau setelah diberi perlakuan menggunakan
model RME adalah 82,3. Dalam perhitungan uji regresi diperoleh harga rhitung =
0,869 sedangkan harga rtabel = 0,361, karena rhitung > rtabel, maka hipotesis nol (H0)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Secara klasikal presentase ketuntasan
belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan yaitu dari 20% menjadi 90%.
Saran dalam penelitian ini adalah penulis berharap model RME dapat
digunakan guru sebagai salah satu model pembelajaran alternatif, karena model
tersebut merupakan model yang menarik dan mudah diterapkan khususnya pada mata
pelajaran matematika sebab model ini mengacu berdasarkan pengalaman siswa dan
benda-benda nyata atau konkrit. Serta untuk peneliti selanjutnya penulis berharap agar pada penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penggunaan model RME
berbantu media yang lebih kreatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7026 |