PENANAMAN NILAI KARAKTER JUJUR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI SEKOLAH DASAR

NINGSIH, DWI KURNIA (2020) PENANAMAN NILAI KARAKTER JUJUR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dwi Kurnia N.pdf] Text
Dwi Kurnia N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DWI KURNIA NINGSIH. NPM 15120062. “Penanaman Nilai Karakter
Jujur Melalui Permainan Tradisional Congklak di Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ari
Widyaningrum, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or.
2019.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah penanaman nilai
karakter jujur melalui permainan tradisionalcongklak di Sekolah Dasar Negeri
Slungkep 03 yang disisipkan dalam pembelajaran kurikulum 2013 akan sangat
menyenangkan dan menarik apabila anak mengerti dan memahami artinya yang
diajarkan oleh guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
penanaman nilai karakter jujur melalui permainan tradisional congklak di sekolah
dasar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran,
informasi, dan pengetahuan yang akurat tentang penanaman karakter jujur melalui
permainan tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas rendah dan kelas tinggi yaitu, siswa kelas III
dan Kelas V SDN Slungkep 03.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai karakter
jujur melalui permainan tradisional congklak di sekolah dasar dapat dilihat dari
tiga aspek yaitu pengetahuan yang baik (moral knowing), perasaan yang baik
(loving good/moral feeling), perilaku yang baik (moral action). Adapun deskripsi
dari ketiganya dapat dilihat dari cara anak membagi kecik secara tepat dan adil,
perasaan yang baik (loving good/moral feeling) dapat dilihat melalui cara siswa
mengatur strategi untuk menang ketika bermain congklak, dan yang terakhir
perilaku baik (moral action) dapat dilihat melalui siswa tidak bermain secara
curang atau dapat dikatakan siswa bermain secara jujur.
Pada penelitian ini,peneliti memberi saran untuk guru dimana peran guru
sangatlah penting dalam penanaman karakter jujur bagi siswa, oleh sebab itu guru
harus mencontohkan karakter yang baik untuk siswanya, selain itu guru juga harus
lebih efektif dalam penerapan karakter untuk siswa baik melalui permainan
tradisional maupun dengan memberi contoh nyata dalam kehidupan. Sehingga
siswa akan dengan sendirinyamemiliki karakter yang baik melalui penanaman
karakter maupun mencontoh guru. Selain itu peran orang tua sangatlah penting
untuk penanaman karakter untuk siswa karena orang tualah yang menjadi
pembimbing saat siswa berada di rumah, selayaknya orang tua lebih
memperhatikan anaknya dari segi karakter bukan hanya untuk kesenangan anak
saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:51
Last Modified: 05 Nov 2024 02:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item
View Item