ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL DAN KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS ULASAN KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CLUWAK KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ERNAWATI, DWI (2020) ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL DAN KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS ULASAN KARANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CLUWAK KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dwi Ernawati.pdf] Text
Dwi Ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dwi Ernawati, npm 15410204, Analisis Kohesi Gramatikal dan Kohesi
Leksikal dalam Teks Ulasan Karangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1
Cluwak Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasan dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Nanik
Setyawati, S.S., M.Hum dan Pembimbing II Larasati, S.Pd., M.Pd. 21 Juli 2019.
Kata Kunci: Kohesi gramatikal, kohesi leksikal, teks ulasan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa peserta didik yang sekadar
menulis tanpa memikirkan bentuk kata yang berkesinambungan, kurangnya
pemahaman peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Cluwak Kabupaten Pati Tahun
Pelajaran 2018/2019 dalam menulis karya yang sesuai dengan kaidah kebahasaan.
Rumusan masalahnya bagaimanakah wujud penggunaan kohesi gramatikal
dan kohesi leksikal dalam teks ulasan karangan peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 1 Cluwak Kabupaten Pati tahun pelajaran 2018/2019?
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam analisis ini adalah metode
simak dan teknik catat. Metode simak dilakukan dengan menyimak penggunaan
bahasa, sedangkan teknik catat adalah pencatatan pada kartu data yang segera
dilanjutkan dengan klasifikasi. Metode analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode agih, teknik lesap dan sisip. Teknik penyajian hasil
data menggunakan metode informal.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat wujud kohesi gramatikal dan
leksikal pada tulisan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cluwak Kabupaten
Pati Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam bentuk: (1) kohesi gramatikal: referensi,
subtitusi, elipsis, konjungsi dan (2) kohesi leksikal, repetisi, sinonimi, antonimi,
hiponimi, ekuivalensi.
Saran yang dapat disampaikan penulis adalah seharusnya ketika guru
mengajar pembelajar menulis untuk memperhatikan kohesi gramatikal dan kohesi
leksikan agar teks yang dihasilkan bisa padu. Bagi peserta didik peserta didik
lebih mampu mengembangkan ide ke dalam hasil tulisannya terutama dalam
menulis teks ulasan. Bagi peneliti lain hendaknya dalam menganalisis agar lebih
teliti dan mendalami teori yang dibutuhkan supaya menghasilkan tulisan yang
maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:46
Last Modified: 05 Nov 2024 02:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7019

Actions (login required)

View Item
View Item