ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL HOTS MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 1 GUNUNGSARI

PRATAMA, RIZKY NURAS (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL HOTS MATERI BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN 1 GUNUNGSARI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIZKY NURAS PRATAMA.pdf] Text
RIZKY NURAS PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIZKY NURAS PRATAMA. NPM 16120132 “Analisis Kesulitan Belajar
Matematika Pada Soal Hots Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 1
Gunungsari” . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya nilai matematika pada
soal HOTS materi bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Gunungsari. Hal
tersebut disebabkan karena siswa yang belum mampu menyelesaikan soal HOTS
dengan baik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesulitan yang
dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi bilangan bulat pada siswa
kelas IV SD N 1 Gunungsari?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal
HOTS materi bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Gunungsari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Penelitian ini bersifat
kualitatif, yaitu mendeskripsi data-data yang diperoleh di lapangan. Rancangan
penelitian yang digunakan juga merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami siswa dalam
menyelesaikan soal HOTS materi bilangan bulat adalah siswa kesulitan dalam
memahami yang ditanyakan dalam soal dengan baik sehingga siswa kesulitan
dalam mengaplikasikan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soalnya dengan
benar. Siswa juga kurang teliti dalam mengerjakan soal sehingga jawaban yang
diperoleh kurang maksimal.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah bagi
guru agar segera mendeteksi kesulitan belajar siswa agar segera dapat diatasi.
Peserta didik harus serius dalam mengukuti pembelajaran yang diselenggarakan
oleh guru di sekolah. Bimbingan dan arahan dari guru juga harus diperhatikan dan
dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:45
Last Modified: 05 Nov 2024 02:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item
View Item