PANGESTI, DWI AJENG (2020) “EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA KELAS XI SMK MATARAM SEMARANG”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dwi Ajeng P.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
DWI AJENG PANGESTI, NPM 15110053. “Efektivitas Bimbingan Kelompok
Dengan Tektik Simulation Games Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial
Teman Sebaya Siswa Kelas XI SMK Mataram Semarang”. Pembimbing I Heri
Saptadi Ismanto. S.Pd., M.Pd. Kons Pembimbing II dan Agus Setiawan, S.Pd.,
M.Pd, Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2019.
Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya interaksi sosial antar teman
sebaya, siswa tersebut hanya akrab dengan teman satu mejanya saja, suka
memilih-milih teman, tidak suka belajar secara kelompok. Serta hasil observasi
terdapat siswa yang tidak berani mengungkapkan pendapatnya di depan umum.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan
interaksi sosial siswa melalui bimbingan kelompok dengan teknik simulation
games pada siswa kelas XI SMK Mataram Semarang.
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah true
eksperiment, sampel yang diambil 28 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok
yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik
pengambilan
sampel
simple
random
sampling.
Hasil
analisis
dengan
menggunakan uji-t. Penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control
group design.
Hasil pretest menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 75,21
dan kelompok kontrol menunjukkan rata-rata 74,57 sedangkan hasil postest
menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 95 dan kelompok kontrol
menunjukkan rata-rata 78,5. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eksperimen
sebesar 19,79 poin. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung (8,44) dan ttabel
diperoleh pada taraf signifikan 5% sebesar 2,056. Maka thitung lebih besar dari ttabel.
Bimbingan kelompok dengan teknik simulation games efektif meningkatkan
interaksi sosial, maka untuk memberikan bimbingan kelompok perlu adanya
tempat khusus agar dapat mempraktikan secara langsung tanpa rasa malu,
dimanfaatkan siswa sebagai bekal dalam memberikan sikap positif dan siswa mau
mengubah sikap untuk memperbaiki agar mampu berinteraksi sosial dengan baik
antar sesama.
Maka dapat disimpulkan Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Simulation Games Efektif untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman
Sebaya Siswa Kelas XI SMK Mataram Semarang.
Kata kunci : Bimbingan kelompok dengan teknik Simulation Games,
Interaksi Sosial Teman Sebaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:36 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7006 |