PENGEMBANGAN MODEL TEACHER PARTNERSHIP CONTROLING SEBAGAI PENGAWASAN PEMANFAATAN GADGET YANG SEHAT UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR

OKTAVYANA, ADE BELLA (2019) PENGEMBANGAN MODEL TEACHER PARTNERSHIP CONTROLING SEBAGAI PENGAWASAN PEMANFAATAN GADGET YANG SEHAT UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADE BELLA OKTAVYANA.pdf] Text
ADE BELLA OKTAVYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ADE BELLA OKTAVYANA. NPM 16120496. ”Pengembangan Model Teacher
Partnership Controling Sebagai Pengawasan Pemanfaatan Gadget yang Sehat untuk
Anak Usia Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2020.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya pengawasan
yang dilakukan oleh orangtua sehingga anak dengan mudah memanfaatkan gadget tanpa
memikirkan waktu belajar serta batasan mengakses media online.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan model
Teacher Parthnership Controling pada anak usia sekolah dasar, 2) Bagaimana
kesesuaian model Teacher Partnership Controling untuk anak usia sekolah dasar?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan model
pengawasan orangtua terhadap anak guna mengontrol gadget anak terhadap konten
negative serta membatasi waktu penggunaan gadget pada anak serta mengetahui
kesesuaian model Teacher Partnership Controling pada anak usia sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Populasi
penelitian adalah anak usia sekolah dasar di Desa Barang Kecamatan Jumo Kabupaten
Temanggung. Sampel yang diambil adalah siswa kelas I sampai kelas VI SD dengan
pengumpulan data melalui angket data mengenai pengawasan gadget yang sehat dari
orangtua terhadap anak dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa angket,
pedoman wawancara dan dokumentasi. Cara mendapatkan data pengawasan gadget
anak melalui penggunaan aplikasi Google Family Link yang di terapkan pada gadget
anak dan orangtua.
Hasil penelitian menunjukan pada studi pendahuluan terdapat masalah mengenai
penggunaan gadget oleh anak usia sekolah dasar yang kurang tepat, maka dilakukan
pengembangan model Teacher Partnership Controling yang disertai dengan adanya
produk beruoa buku pedoman penggunaan aplikasi Google Family Link sebagai
pengawasan pemanfaatan gadget yang sehat untuk anak usia sekolah dasar. Hasil
penelitian yang diperoleh di langkah uji coba kelompok terbatas atas model Teacher
Partnership Controling sebagai pengembangan dalam penelitian menunjukan bahwa
telah terjadi penurunan tingkat penggunaan gadget pada anak dari tanggal 7 Mei 2020
sampai pada tanggal 9 Mei 2020 setelah di terapkan model Teacher Partnership
Controling. Hal itu terjadi karena orangtua dapat mengontrol serta membatasi secara
langsung penggunaan gadget anak dengan aplikasi Google Family Link. Kesimpulannya
bahwa model Teacher Partnership Controling telah di terapkan serta sesuai diterapkan
pada anak usia sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah agar model
Teacher Partnership Controling dapat diterapkan untuk mengawasi pemanfaatan gadget
pada anak usia sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:36
Last Modified: 05 Nov 2024 02:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/7005

Actions (login required)

View Item
View Item