ARIYANI, LATIFATUL (2020) PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU SDN MRANGGEN 04. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Latifatul Ariyani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
LATIFATUL ARIYANI. NPM 14120063. “Pengaruh Model Number Head
Together (NHT) Berbantu Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Subtema Hebatnya Cita-Citaku
Sdn Mranggen 04 “. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pemahaman siswa terhadap pembelajaran kurikulum 2013. Hal tersebut
disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru
yang
masih
menggunakan
model
pembelajaran
konvensional
dalam
mengoptimaalkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantu media monopoli
terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada hasil belajar dan
kemampuan berpkir kreatif siswa kelas IV SDN MRANGGEN 04 yang dilihat
pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi
Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa SDN MRANGGEN 04 tahun pelajaran 2019.
Sampel yang diambil adalah 41 siswa kelas IVA dan IVB teknik Probability
Sampling berbentuk Cluster Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Hasil analisis pretest dan posttest pada hasil belajar siswa menggunakan
uji t didapatkan thitung = 2,3539 dengan ttabel = 2,0243. Untuk H0 diterima jika thitung
≥ ttabel karena thitung = 2,3539 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal
ini berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara rata-rata
hasil belajar setelah perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara
itu, hasil perhitungan hipotesis kemampuan berpikir kreatif siswa dengan
menggunakan uji t didapatkan thitung = 2,5115 dengan ttabel = 2,0243. . Untuk H0
diterima jika thitung ≥ ttabel karena thitung = 2,5115 > ttabel = 2,0243 maka H0 diterima
dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif
siswa yang signifikan antara hasil tes setelah perlakuan di kelas eksperimen dan
kelas kontrol.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantu media monopoli
terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV subtema
hebatnya cita-citaku di SDN Mranggen 04.
Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Monopoli, Kemampuan Berpikir
Kreatif, Hasil Belajar, Subtema Hebatnya Cita-Citaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:31 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6999 |