WATI, RITNA PUJI (2019) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 02 BANDAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RITNA PUJI WATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
RITNA PUJI WATI. NPM 15410045. “Penerapan Model Picture and
Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas
VIII SMP Negeri 02 Bandar Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.
Nazla Maharani U.,M.Hum dan Pembimbing II Rawinda Fitrotul M., S.S.,M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan pembelajaran
menulis pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Bandar, karena dalam
pembelajaran masih menggunakan model yang kurang variatif. Untuk
mendapatkan hasil yang lebih baik dari nilai sebelumnya, maka diperlukan model
pembelajaran tertentu, yaitu model picture and picture.
Rumusan masalah penelitian ini terdapat dua adalah bagaimanakah
penerapan model picture and picture dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi
pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Bandar tahun pelajaran 2019/2020
dan bagaimanakah hasil penerapan model picture and picture dalam pembelajaran
menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Pecalungan
tahun pelajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
picture and picture dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 02 Bandar tahun pelajaran 2019/2020, dan
mendeskripsikan hasil model picture and picture dalam pembelajaran menulis
teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Bandar tahun
pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi hasil evaluasi.
Berdasarkan hasil tes menulis teks eksplanasi yang diperoleh oleh peserta
didik, diketahui bahwa penerapan model picture and picture menjadikan peserta
didik lebih paham sehingga nilai yang diperoleh mencapai kriteria ketuntasan
minimal. Dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai 78 yaitu dengan kategori baik. Pada analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture
dapat memudahkan peserta didik sehingga model picture and picture sudah tepat
untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.
Kata kunci: Penerapan, menulis teks eksplanasi, model pembelajaran picture and
picture
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:28 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6995 |