PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING(TGFU) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TIRTO

Al Hakim, Abdurrosyid (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING(TGFU) DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TIRTO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ABDURROSYID AL HAKIM.pdf] Text
ABDURROSYID AL HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abdurrosyid Al HAkim. “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game
For Understanding (tgfu) dan Role Playing Terhadap Hasil Belajar Passing
Permainan Bola Basket Siswa Kelas VIII Smp 2 Tirto.”, Program Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. 2020.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini kurangnya siswa dalam
menggali lebih dalam materi tentang bola basket. Siswa merasa bahwa
pembelajaran PJOK dengan materi bola basket itu membosankan karena
kebanyakan siswa lebih menyukai sepak bola dari pada bola basket, serta
pembelajarannya yang monoton dan membosankan serta kurang menarik. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran teaching game for understanding (tgfu) dan role playing terhadap
hasil belajar passing permainan bola basket siswa kelas VIII SMP 2 Tirto.
Penelitian
ini
menggunakan
quasi
eksperiment
design,
dengan
pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yang kemudian
dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelas VIII B menggunakan model
pembelajaran tgfu dan kelas VIII A menggunakan model role playing. Teknik
analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis.
Hasil penelitian ini diperoleh dengan hasil dari menggunakan model
pembelajaran TGFU menunjukkan nilai thitung 28.824 > ttabel 2,750, nilai
signifikansi 0.000 < 0.05, dan kenaikan presentase sebesar 31,68% , sedangkan
untuk hasil dari menggunakan model pembelejaran role playing menunjukan nilai
thitung 33.200 > ttabel 2.750, nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dan kenaikan presentase
sebesar 32,70%. Hal ini menunjukan ada pengaruh secara signifikan dari
penggunaan model TGFU dan role playing pada kedua kelas. Berdasarkan hasil
perhitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGFU dan
role playing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing permianan bola
basket siswa kelas VIII SMP 2 Tirto.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah agar siswa lebih termotivasi
untuk senantiasa meningkatkan hasil belajar semua mata pelajaran di sekolah,
khususnya mata pelajaran Pendidikan Jasmani materi bola basket.
Kata kunci: tgfu, role playing, hasil belajar, bola basket.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:21
Last Modified: 05 Nov 2024 02:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item
View Item