Pramono, Rivan (2020) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GODONG GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIVAN PRAMONO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Rivan Pramono ―Penerapan Metode Outdoor Learning dalam Pembelajaran
Mengonstruksi Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1
Godong Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020‖. Skripsi. Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia. Pembimbing I Dr. Nazla Maharani Umaya, S.S.,
M.Hum dan pembimbig II Mukhlis, S.Pd., M.Pd. Januari 2020.
Kata Kunci : Metode Outdoor Learning, Pembelajaran Mengkonstruksi
Teks Eksplanasi
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan yang dialami peserta didik
dalam menuangkan kreatifitas, ide, pengetahuan, dan pengalamannya dalam
mengkonstruksi teks eksplanasi dan minimnya metode yang mendukung dalam
pembelajaran. Melihat kondisi yang seperti ini, perlu diupayakan suatu metode
pembelajaran tertentu untuk meningkatkan keterampilan mengonstruksi teks
eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Godong Grobogan
Tahun Pelajaran 2019/2020 metode pembelajaran yang dipakai adalah metode
outdoor learning.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan
metode outdoor learning dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksplanasi
pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Godong Grobogan tahun pelajaran
2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
outdoor learning dalam pembelajaran mengonstruksi teks biografi pada peserta
didik kelas XI SMA Negeri 1 Godong Grobogan tahun pelajaran 2019/2020?
Pendekatan
penelitian
ini
adalah
deskriptif
kualitatif.
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
nontes. Teknik tes berupa mengonstruksi teks eksplanasi, sedangkan teknik
nontes berupa pengamatan, dan penyebaran angket.
Berdasarkan hasil penelitian metode outdoor learning dapat diterapkan
dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksplanasi. Hal tersebut dibutuhkan
dengan perolehan nilai rata-rata melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
yaitu 75. Diketahui perolehan nilai rata-rata 86% atau 86 dengan peserta didik
yang berjumlah 31, dengan jumlah nilai keseluruhan 2.665. Nilai tertinggi yang
didapatkan 95 dengan presentase 13 % dan nilai terendah 75 dengan presentase
13%.
Berdasarkan penelitian diberikan saran kepada guru untuk dapat
menerapkan metode outdoor learning dalam penelitian mengonstruksi teks
eksplanasi supaya tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:15 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6984 |