Buddin, Abdul Mukhi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SMP NEGERI 01 DORO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Abdul MUkhi Buddin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Abdul Mukhi Buddin, “Penerapan model pembelajaran modifikasi outbound
dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani SMPN
01 Doro”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang, 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang tidak semangat
mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, maka dari itu perlu modifikasi
permainan outbound untuk meningkatkan minat siswa. Rumusan masalah dari
penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran modifikasi outbound
dapat meningkatkan minat siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani SMP
Negeri 01 Doro, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
permainan outbound dapat meningkatkan minat siswa pada pembelajaran
pendidikan jasmani siswa kelas VII di SMPN 01 Doro.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi
eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 01 Doro yang
berjumlah 230, sampel penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32
siswa sebagai kelas uji dan siswa kelas VII E yang berjumlah 34 siswa sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah angket dengan pengukuran skala
likert, teknik sampel adalah simple random sampling, desain penelitian adalah
pretest-posttest control group design.
Pada uji normalitas kelas kontrol nilai Sig.untuk pretest sebesar 0,652 dan
nilai Sig. posttest sebesar 0,897 yang berarti normal, sedangkan kelas ujinilai Sig.
pretest sebesar 0,069 dan nilai Sig. posttest sebesar 0,326 yang berarti
normal.Hasil uji homogenitas kelas kontrolpretest memiliki Sig. sebesar 0,305
danposttest Sig. sebesar 0,258 yang berarti homogen. Uji paired sample T-test
kelas kontrol diperoleh nilai |Thitung|=|-1,103|< Ttabel=2,0345 artinya tidak
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat siswa, sedangkan untuk kelas
uji diperoleh nilai |Thitung|=|-5,415|> Ttabel=2,0395 artinya ada perbedaan hasil
pretest dan posttest. Pada penelitian ini kelas kontrol dengan pembelajaran
konvensional terjadi kenaikan sebesar 0,83%. Sedangkan kelas eksperimen
dengan modifikasi outbound terjadi kenaikan sebesar 2,58%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi permainan outbound
dapat meningkatkan minat siswa sebesar 2,58%. Lebih tinggi daripada kelas uji
yang hanya mengalami kenaikan sebesar 0,83%. Saran kepada guru hendaknya
lebih sering berinovasi dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik, dan jadilah
contoh yang baik untuk para siswa.
Kata Kunci: Modifikasi permainan outbound, minat, siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:12 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6981 |