PENERAPAN MODEL DENGAN BANTUAN TONGKAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI BUKU PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANGG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SARI, DITA ULFA (2020) PENERAPAN MODEL DENGAN BANTUAN TONGKAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI BUKU PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KESATRIAN 2 SEMARANGG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DITA ULFA SARI.pdf] Text
DITA ULFA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dita Ulfa Sari. NPM 15410084. Penerapan Model dengan Bantuan
Tongkat dalam Pembelajaran Menulis Resensi Buku pada Peserta Didik Kelas XI
SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahada dan Seni Universitas PGRI Semarang, pembimbing I Agus
Wismanto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Drs. Murywantobroto, M.Hum.
Kata kunci: penerapan, model bantuan tongkat, pembelajaran menulis resensi.
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan model pembelajaran yang tidak
sesuai dengan materi pembelajaran menulis resensi, sehingga membuat peserta
didik kurang minat dengan materi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pendidik
dalam menggunakan model pembelajaran. Pendidik masih menggunakan ceramah
untuk menyampaikan materi, dan penugasan untuk memberikan tindak lanjut dari
materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Proses pembelajaran yang kurang
sesuai membuat peserta didik kurang tertarik, merasa bosan, dan hasil yang
diperoleh peserta didik kurang memuaskan. Melihat kondisi tersebut perlu
diterapkan model pembelajaran yang menumbuhkan minat belajar peserta didik
dalam pembelajaran menulis resensi pada peserta didik kelas XI SMA Kesatrian 2
Semarang. Salah satunya dengan menerapakan model dengan bantuan tongkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model
dengan bantuan tongkat dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peseta
didik kelas XI SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Adapun
tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan model dengan bantuan tongkat
dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peseta didik kelas XI SMA
Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan
teknik nontes. Teknik tes berupa menentukan kelebihan dan kekurangan teks
resensi, membandingkan dua teks resensi. Sedangkan teknik nontes berupa lembar
observasi, angket, dokumentasi. Pendekatan yang digunakan kualitatif deskripsi.
Populasi penelitian ini sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dari
kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas yang dijadikan
penelitian. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif yakni
menganalisis dengan cara mendeskripsikan penerapan model dengan bantuan
tongkat dalam pembelajaran menulis resensi buku pada peseta didik kelas XI
SMA Kesatrian 2 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.
Hasil yang diperoleh dengan menggunakan model bantuan tongkat dalam
pembelajaran menulis resensi pada peserta didik kelas XI SMA Kesatrian 2
Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Kemampuan peserta didik dalam menulis
resensi memperoleh nilai dengan kategori baik. Dengan menggunakan model
bantuan tongkat peserta didik lebih aktif, inovatif, kreatif serta membangun
interaksi antara pendidik dengan peserata didik dalam pembelajaran menulis
resensi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik menulis resensi
yaitu 80, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:09
Last Modified: 05 Nov 2024 02:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item
View Item