PENGEMBANGAN KOMIK ONLINE O-PHI UNTUK MENARIK MINAT BACA SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA

Latif, Abdul (2020) PENGEMBANGAN KOMIK ONLINE O-PHI UNTUK MENARIK MINAT BACA SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ABDUL LATIF.pdf] Text
ABDUL LATIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Komik online O-PHI merupakan komik pembelajaran yang bertujuan menarik
minat baca siswa terhadap mata pelajaran fisika. Pengembangan komik tersebut
menggunakan penelitian pengembangan 4d yaitu define, design, develop dan
disseminate. Pembuatan komik menggunakan software mangatoon karena
software tersebut mempunyai kelebihan dengan tool yang diperlukan dalam
membuat komik dibanding software lainnya. Validasi komik dilakukan dengan 3
validator, 2 dari dosen PGSD UPGRIS yang mengajar seni rupa dan 1 dari dosen
pendidikan fisika UPGRIS. Angket validasi terdiri dari 4 aspek yaitu aspek
tampilan tulisan mendapatkan persentase sebesar 67%, aspek tampilan gambar
mendapatkan persentase sebesar 73%, aspek fungsi mendapatkan persentase
sebesar 73%, aspek manfaat mendapatkan persentase sebesar 75% dan rata-rata
persentasenya sebesar 72% masuk pada katagori “BAIK” artinya layak
diujicobakan dengan adanya perbaikan atau revisi. Setelah adanya perbaikan
komik online O-PHI di ujicobakan di SMA N 15 Semarang dengan 35 responden
menggunakan angket respon siswa, hasil angket tersebut mendapatkan rata rata
persentase keberhasilan 64 % dan masuk pada katagori “BAIK” artinya komik
layak disebarluaskan meskipun belum maksimal dalam ketercapaiannya yaitu
menarikkan minat baca siswa terhadap mata pelajaran fisika.
Kata Kunci : Komik Pembelajaran, Minat Baca Siswa, O-PHI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:07
Last Modified: 05 Nov 2024 02:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item
View Item