PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TARI KEBYOK ANTING-ANTING (STUDI KASUS SD NEGERI GEMAH SEMARANG)

PUTRI, DITA IHSANIAH (2020) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TARI KEBYOK ANTING-ANTING (STUDI KASUS SD NEGERI GEMAH SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DITA IHSANIAH PUTRI.pdf] Text
DITA IHSANIAH PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

DITA IHSANIAH PUTRI. NPM 15120069. “Pendidikan Karakter Melalui Tari
Kebyok Anting-Anting (Studi Kasus SD Negeri Gemah Semarang)”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Univesritas PGRI Semarang. 2019.
SD Negeri Gemah Semarang merupakan sekolah dasar yang berbasis
program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sejak tahun 2016. Setelah
diadakannya program penguatan pendidikan karakter tersebut siswa yang semula
kurang memiliki nilai karakter yang baik menjadi siswa yang berkarakter lebih
baik. Program PPK di SD Negeri Gemah Semarang secara nyata dapat
menanamkan nilai karakter pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah
maupun pada saat kegiatan Ekstrakurikuler sekolah. Berdasarkan uraian tersebut,
peneliti ingin meneliti lebih dalam tentang pelaksanaan program PPK melalui
Ekstrakurikuler seni tari khususnya pada seni tari kebyok anting-anting di SD
Negeri Gemah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana
implementasi
program
PPK
khususnya
nilai
karakter
siswa
melalui
Ekstrakurikuler seni tari pada tari kebyok anting-anting di SD Negeri Gemah
Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai fakta di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dan
disajikan dalam bentuk deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini berupa
observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukkan
bahwa program pendidikan karakter di SD Negeri Gemah Semarang dapat
menanamkan karakter kepada siswa sesuai dengan 18 nilai karakter pada program
PPK.
Usaha dasar dan terencana dari warga sekolah untuk melaksanakan nilai
karakter mampu mengembangkan karakter dengan maksimal dengan itu dapat
mempengaruhi perilaku yang tampak dari lingkungan sekitar tempat peserta didik
biasa melakukan interaksi di sekolah. Program penguatan pendidikan karakter
diterapkan pada semua kegiatan yang ada di SD Negeri Gemah, baik kegiatan
akademik maupun non akademik. Kegiatan ekstrakulikuler sangat berpengaruh
pada karakter siswa karena adanya kegiatan ekstrakulikuler seni tari ini juga dapat
berpengaruh pada nilai karakter siswa. Karakter yang muncul pada saat kegiatan
ekstrakulikuler seni tari yaitu siswa akan lebih percaya diri dari yang sebelumnya
pemalu, disiplin, mempunyai toleransi terhadap teman, mempunyai rasa tanggung
jawab,
dapat
bersosialisasi
dengan
teman
atau
kelompoknya,
dan
bersabat/komunikatif, jujur, religius, kerja keras, mandiri, cinta damai, dan peduli
lingkungan. Peneliti berharap hendaknya lebih memaksimalkan program PPK
yang diterapkan di SD Negeri Gemah Semarang pada setiap kegiatan di sekolah
dari kegiatan belajar mengajar maupun pada kegiatan Ekstrakurikuler yang ada
agar kedepannya program PPK di SD Negeri Gemah Semarang dapat mencapai
hasil yang lebih maksimal dalam menanamkan karakter di lingkungan
masyarakat, keluarga maupun teman sepermainan.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Tari Kebyok Anting-Anting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:06
Last Modified: 05 Nov 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6970

Actions (login required)

View Item
View Item