AMALIA, RISKI (2021) PENGARUH MEDIA RODA KEBERUNTUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PODOSUGIH 03 PEKALONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RISKI AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
RISKI
AMALIA.
NPM
16120006
“PENGARUH
MEDIA
RODA
KEBERUNTUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN
PODOSUGIH 03 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020”. Skripsi.
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2020. Pembimbing I Sunan Baedowi S.H.I.,M.S.I. :. Pembimbing II:
Veryliana Purnamasari,S.Pd,M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS
yang masih rendah atau di bawah rata-rata pada siswa kelas V SDN Podosugih 03
Pekalongan. Permasalahan pelajaran masih menggunakan metode ceramah yang
menyebabkan peserta didik bosan. Peserta didik yang kemampuan intelektualnya rendah
akan cenderung bermain sendiri. Untuk itu perlunya peningkatan prestasi belajar siswa
dengan cara membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah
dengan menggunakan media yang dapat membuat proses pembelajaran menyenangkan
dan menerepakan prinsip games yang dapat mengatasi kebosanan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa besar pengaruh metode
media roda keberuntungan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Podosugih 03
Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah
untuk mengetahui pengaruh media roda keberuntungan tema peristiwa dalam kehidupan
pada peserta kelas V SDN Podosugih 03 Pekalongan dan untuk mengetahui hasil belajar
tema peristiwa dalam kehidupan pada peserta kelas V SDN Podosugih 03 Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-
Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Podosugih 03
Pekalongan tahun pelajaran 2019/ 2020. Sampel yang diambil adalah satu kelas siswa
dari kelas V SDN Podosugih 03 Pekalongan yang berjumlah 24 orang dengan
menggunakan teknik Non Probabiliy Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil nilai rata – rata pretest dan posstest mengalami peningkatan. Pada nilai
pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata – rata 63,75 dan hasil posttest dengan
rata – rata 83,33. Sedangkan ketuntasan pada pretest mencapai ketuntasan 33% sehingga
yang belum tuntas terdapat 67% . Sedangkan hasil posttest dinyatakan ketuntasan 83%
sehingga yang belum tuntas terdapat 17% . Dengan demikian terjadi peningkatan hasil
belajar IPS siswa dalam menggunakan media roda keberuntungan.
Hasil pengujian uji t bahwa rata – rata siswa pada kondisi awal sebelum diberi
perlakuan dengan menggunakan media roda keberuntungan sebesar 63,75. Sedangkan
rata – rata siswa sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi roda
keberuntungan sebesar 83,33. Dari data analisis uji t diperoleh thitung 15,027 selanjutnya
dibandingkan dengan ttabel = dengan db = n1+n2-1=24+24-1=46 pada taraf signifikan 5%
Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 15,027 > 2,021 maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Pengaruh Roda
Keberuntungan Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Podosugih 03
Pekalongan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh media Roda Keberuntungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
Podosugih 03 Pekalongan. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan dengan roda
keberuntungan dapat menjadi alternatif dalam mengatasi kebosanan dapat mendorong
munculnya inovasi dan kreatifitas Guru dalam menciptakan dan mengembangkan inovasi
pembelajaran, sehingga dapat memperbaiki hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:04 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6969 |