PENERAPAN MODEL PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BODEH PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YULIYANI, DINI (2020) PENERAPAN MODEL PETA PIKIRAN DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BODEH PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DINI YULIYANI.pdf] Text
DINI YULIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dini Yuliyani. NPM 15410066. ―Penerapan Model Peta Pikiran dalam
Pembelajaran Menganalisis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII SMP
Negeri 1 Bodeh Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020‖. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I adalah Dr. Asropah, M.Pd.
dosen Pembimbing II adalah Setia Naka Andrian, S.Pd., M. Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kemampuan menganalisis teks
berita yang masih rendah atau dibawah rata-rata 75 pada peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang. Mengetahui kondisi tersebut perlu diupayakan
penggunaan model yang dapat meningkatkan pembelajaran menganalisis teks
berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang. Model yang
dapat digunakan yaitu peta pikiran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model
peta pikiran dalam pembelajaran menganalisis teks berita pada peserta didik kelas
VIII SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model peta pikiran dalam
pembelajaran menganalisis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa
penugasan. Teknik nontes berupa observasi dan angket. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bodeh Pemalang tahun
pelajaran 2019/2020 terdiri dari 9.
Hasil dari penelitian ini yaitu model peta pikiran dapat diterapkan dalam
pembelajaran menganalisis teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Bodeh Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dibukti kan melalui
nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 85, sedangkan nilai KKM yang
ditetapkan oleh sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75. Model peta
pikiran sangat memudahkan peserta didik dalam menangkap pembelajaran dan
juga membuat peserta didik menjadi semakin kreatif dan inovatif dalam
merangkum pembelajaran yang diberikan.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah pendidik khususnya mata
pelajaran Bahasa Indonesia harus memperhatikan penerapan model pembelajaran
yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: Penerapan, model peta pikiran, menganalisis teks berita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:04
Last Modified: 05 Nov 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item
View Item