KEEFEKTIFAN MEDIA KINCIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BULAKAMBA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

UMAROH, AAN (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA KINCIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BULAKAMBA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AAN UMAROH.pdf] Text
AAN UMAROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan menulis pada
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba. Melihat kondisi yang seperti
itu perlu diupayakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat
belajar peserta didik dan meningkatkan keterampilan menulis kelas VIII SMP
Negeri 2 Bulakamba. Media yang diterapkan adalah media kincir, dengan media
ini diharapkan peserta didik dapat lebih aktif dalam mengungkapkan idenya.
Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah keefektifan media kincir
terhadap kemampuan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 2 Bulakamba tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan Keefektifan Media Kincir Terhadap Kemampuan
Menulis Teks Persuasif Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksperimen. Dari hasil pengumpulan data yang diujikan diperoleh dua bentuk
yaitu (1) bentuk tes dan (2) bentuk nontes. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, pertama uji persyaratan yang
terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas, kedua adalah uji hasil penelitian
menggunakan uji t. Teknik penyajian data keterampilan menulis menggunakan
media kincir pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bulakamba ini berupa
teknik kuantitatif.
Dari hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa harga thitung
sebesar 1,309 setelah itu dibandingkan dengan ttabel . Ttabel dengan rumus n1 + n2 –
2 = 34+34-2=66 dk=66, taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,99, karena thitung >
ttabel yaitu 1,309 > 1,99 maka hipotesis alternatif diterima dan data yang diperoleh
signifikan.
Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat keefektifan penggunaan media kincir
dalam pembelajaran menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 2 Bulakamba tahun pelajaran 2018/2019” diterima dan data yang diperoleh
signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kincir efektif
dalam pembelajaran menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 2 Bulakamba tahun pelajaran 2018/2019.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru-guru perlu memilih
media tertentu yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran Bahasa Indonesia
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci: Keefektifan, menulis teks persuasif, media kincir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:04
Last Modified: 05 Nov 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item
View Item