PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI FILM ANIMASI ADIT SOPO JARWO

SAFITRI, RISKA (2021) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI FILM ANIMASI ADIT SOPO JARWO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Riska Safitri.pdf] Text
Riska Safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

RISKA SAFITRI. NPM 15120337. “Penguatan Pendidikan Karakter untuk Anak
Usia Sekolah Dasar melalui Film Animasi Adit Sopo Jarwo”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I
Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or.
November 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah gemarnya peserta
didik dalam kegiatan pendidikan karakter menggunakan film animasi yang
menarik dan menyenangkan terutama film animasi Adit Sopo Jarwo. Dikarenakan
kendala kurang memadahinya sarana dan prasarana mengakibatkan kegiatan
penguatan pendidikan karakter menggunakan film animasi jarang dilakukan.
Untuk itu peneliti tertarik mengangkat kegiatan penguatan pendidikan karakter
melalui film animasi untuk meneruskan kegiatan pendidikan karakter yang sudah
sangat jarang dilakukan. Diharapkan film animasi Adit Sopo Jarwo dapat
dijadikan sebagai contoh penanaman nilai karakter pada anak usia sekolh dasar.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penguatan
Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Film Animasi Adit
Sopo Jarwo?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisa penguatan pendidikan karakter untuk anak usia sekolah dasar melalui
film animasi Adit Sopo Jarwo di SD Negeri 6 Lebak.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Salah satu alasan penulis
menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
data yang lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel dan bermakna, suatu data yang
di peroleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode
yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi serta
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis, penguatan pendidikan karakter yang dilakukan
di Sekolah Dasar Negeri 6 Lebak terdapat tiga proses yaitu melihat/mengamati,
mengnalisis dan mengaplikasikan, yang dilakukan dengan mengunakan media
film animasi Adit Sopo Jarwo episode 32 Hadapi Tantangan Lewati Rintangan.
Terbukti terdapat nilai karakter religius, nilai karakter peduli sosial, nilai karakter
tanggung jawab dan nilai karakter kerja keras, serta semua peserta didik telah
mengaplikasikan nilai karakter tersebut kedalam lingkungan sekitarnya.
Dapat disimpulkan bahwa keseluruhan hasil analisis penguatan pendidikan
karakter melalui film animasi Adit Sopo Jarwo yang mencakup kempat nilai
karakter yaitu nilai karakter religius, peduli sosial, tanggung jawab serta kerja
keras yang dijadikan sebagai acuan serta hasil wawancara bersama guru dan
peserta didik, dapat digunakan sebagai penguatan pendidikan karakter untuk anak
usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan
adalah film animasi Adit Sopo Jarwo dapat digunakan sebagai sarana
pembelajaran pendidikan karakter bagi anak usia sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:03
Last Modified: 05 Nov 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6966

Actions (login required)

View Item
View Item