FEBRIANTO, AAN TEGUH (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM “KASIH IBU” KARYA RANGGA KUSMALENDRA DALAM PEMBELAJARAM MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 32 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AAN TEGUH FEBRIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Aan Teguh Febrianto NPM 15410116. Penerapan Media Pembelajaran
FILM
“KASIH
IBU”
KARYA
RANGGA
KUSMALENDRA
Dalam
Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta didik kelas VII H SMP Negeri
32 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I. Dr. Harjito, M.Hum.dan
pembimbing II. Mukhlis, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Audiovisual, Teks Deskripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbahasa yang masih
rendah atau dibawah rata-rata pada peserta didik kelas kelas VII SMP Negeri 32
Semarang, khususnya pada keterampilan menulis teks deskripsi. Dengan demikian
perlu diupayakan penerapan media pembelajaran tertentu untuk meningkatkan
keterampilan dan menambah minat dalam menulis teks deskripsi pada peserta
didik kelas VII SMP Negeri 32 Semarang, yaitu dengan menerapkan media
Audiovisual.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan media FILM
“KASIH IBU” KARYA RANGGA KUSMALENDRA dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 32 Semarang
Tahun Ajaran 2019/2020? Adapun tujuan untuk mendeskripsikan penerapan
media pembelajaran FILM “KASIH IBU” KARYA RANGGA KUSMALENDRA
dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP
Negeri 32 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah
penelitian dengan teknik kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VII H di SMP Negeri 32 Semarang.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non
tes. Teknik tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal menulis teks
deskripsi dengan memperhatikan struktur kebahasaan dengan menggunakan
media film untuk diamti peserta didik. Sedangkan teknik non tes diperoleh dengan
cara wawancara dan observasi dengan pengamatan langsung selama proses
pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu adanya
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berdasarkan teknik tes dan
non tes dalam penerapan media film karya Rangga Kusmalendra sangat tepat
digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas
VII SMP Negeri 32 Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 membuat peserta didik
tertarik dan antusias dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil menulis
teks deskripsi terbukti dengan nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 81,
dengan demikian sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan, di
tambah reaksi peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu memilih dan memberikan
media atau model pembelajaran yang kreatif, serta dapat menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenengkan. peserta didik harus lebih memperhatikan
pembelajaran, meningkatkan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 02:01 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6962 |