PENGARUH KARTU MISTERI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 04 PETARUKAN

ZAHARA, RISFI AULIA (2021) PENGARUH KARTU MISTERI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 04 PETARUKAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISFI AULIA ZAHARA.pdf] Text
RISFI AULIA ZAHARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RISFI AULIA ZAHARA, NPM 15120255, “Pengaruh Kartu Misteri
dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru masih menggunakan
model konvensional dan belum menggunakan media. Kurangnya kesesuaian
strategi pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
Pengaruh Media Kartu Misteri dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas IV? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kartu misteri dalam model
pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas
IV SDN 04 Petarukan Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain pre-experimental design dengan model one group pre-
test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Petarukan Pemalang. Sampel
yang diambil adalah semua siswa yang berjumlah 20 siswa SDN 04 Petarukan
Pemalang. Semua anggota populasi menggunakan teknik sampling jenuh. Data
penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan
dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 8,862. Dari data distribusi t dengan
db = 20-1 = 19, dengan taraf signifikan α = 5% diperoleh ttabel = 1,729. Karena
thitung > ttabel maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
“Ada Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas IV”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah media
kartu misteri dapat digunakan sebagai media modifikasi guru dalam pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang
meningkat dan menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
Kata Kunci: Kartu Misteri, Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:59
Last Modified: 05 Nov 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item
View Item