PENGARUH KONSELING KELOMPOK REALITA TERHADAP RESILIENSI SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME KELAS VIII DI SMP NEGERI 39 SEMARANG

MAHILAH, LAILA ANIDA (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK REALITA TERHADAP RESILIENSI SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME KELAS VIII DI SMP NEGERI 39 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LAILA ANIDA MAHILAH.pdf] Text
LAILA ANIDA MAHILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya resiliensi
siswa dari keluarga broken home. Hal tersebut dikarenakan kondisi keluarga yang
tidak mendukung proses tumbuh kembang siswa, sehingga menyebabkan anak
menunjukan perilaku-perilaku yang tidak bertanggungjawab seperti membolos,
merokok, pesimis terhadap masa depan, menarik diri dari lingkungan sosial
bahkan sampai mengkuti tawuran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konseling
kelompok realita terhadap resiliensi siswa dari keluarga broken home. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian true experimental design, dengan model pre-test post-test control
group design.
Pada penelitian ini proses eksperimen dibagi menjadi tiga tahap yaitu,
persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen, dan akhir eksperimen. Instrumen
penelitian ini berupa kuesioner tingkat resiliensi yang terdiri dari 68 item
pernyataan yang dikembangkan berdasarkan teknik penyusunan skala model
Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 39 Semarang
dengan jumlah siswa 315 siswa. Kelas VIII C adalah kelas yang dipergunakan
untuk tryout untuk menguji validitas dan reliabilitas dengan nilai Cronbach's Alpha
0,848 maka instrumen dinyatakan reliabel. Sampel yang digunakan adalah 12
siswa broken home yang diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling.
Hasil perhitungan uji t nilai sig pada output tabel > 0,05 pada hasil
perhitungan output Paired T test, diperoleh nilai sig. sebesar 0,40 kemudian hasil
perhitungan analisis data post-Test diketahui skor rata-rata kelompok eksperimen
resiliensi siswa broken home menjadi meningkat dari 49,7 dan menjadi 69,6
setelah dilaksanakannya treatmen. Pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan
sebesar 19,9. Sedangkan pada kelompok yang tidak diberikan treatmen konseling
kelompok reaalita terjadi peningkatan yang minim, yaitu dari 50,1 menjadi 61,2.
Pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 11,1. Selisih antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 8,8. dengan demikian maka Ho ditolak
dan Ha diterima sehingga ada pengaruh konseling kelompok realita terhadap
resiliensi siswa dari keluarga broken home di SMP N 39 Semarang.
Kata Kunci : Resiliensi siswa dari keluarga broken home, Konseling kelompok
realita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:00
Last Modified: 05 Nov 2024 02:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6960

Actions (login required)

View Item
View Item