KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 3 BEDAGAS

PALUPI, DINAR AYU WENING (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 3 BEDAGAS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DINAR AYU WENING PALUPI.pdf] Text
DINAR AYU WENING PALUPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Dinar Ayu Wening Palupi. NPM 15120324 “Keefektifan Model Pembelajaran
Quantum Teaching Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajar IPS Kelas V SDN 3 Bedagas, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I adalah M. Yusuf Setia Wardana, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing
II adalah Diana Endah Handayani, S.Pd., M.Pd, Desember, 2019.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
terdapat lebih dari 50% masih di bawah KKM. Hal ini dikarenakan guru masih
menggunakan metode ceramah dan pembelajaran terfokus dengan buku siswa
sehingga siswa tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat keefektifan dalam
model Quantum Teaching terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Quantum
Teaching terhadap keefektifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
kelas V SD N 3 Bedagas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain non
equivalent (pretest and posttest) kontrol group design. Populasi peneitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Bedagas Purbalingga. Sampel yang
diambil adalah 35 peserta didik kelas 5 yang terdiri dari kelas VA berjumlah 17
peserta didik dan kelas VB yang berjumlah 18 peserta didik dengan
menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Hasil belajar nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebelum diberikan
perlakuan pretest sebesar 68,53 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 68,89
dan nilai rata-rata siswa kelas kontrol sesudah diberikan perlakuan posttest
sebesar 75,88 sedangkan kelas ekperimen sebesar 83,61. Setelah diberikan
perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching nilai
rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen meningkat sebanyak 14,72. Rata-
rata keaktifan belajar kelas kontrol sebelum perlakuan sebesar 64 sedangkan
untuk kelas eksperimen sebesar 63 dan nilai rata-rata keaktifan belajar siswa kelas
kontrol sesudah perlakuan sebesar 70 sedangkan kelas eksperimen sebesar 75,5
dan kedua kelas tersebut dapat dikategorikan dalam tingkat keaktifan belajar
siswa yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Quantum Teaching efektif terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V di
SDN 3 Bedagas. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam
pembelajaran guru menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching karena
dapat meningkatkan keefektifan dan mampu memperbaiki prestasi belajar siswa
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:59
Last Modified: 05 Nov 2024 01:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item
View Item