PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALEM KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PRIHANDINI, DINA NOVIANA (2020) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SALEM KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DINA NOVIANA PRIHANDINI.pdf] Text
DINA NOVIANA PRIHANDINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dina Noviana Prihandini. NPM 15410144. Penerapan Model
Cooperative Integrated Reading and Composition dalam Pembelajaran Menulis
Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Salem Tahun Pelajaran
2019/2020. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Dra. Ambarini Asriningsari, M.Hum. dan Dosen
Pembimbing II Zainal Arifin, S.Pd., M.Hum. September 2019.
Kata Kunci : Model Cooperative Integrated Reading and Composition, menulis
Puisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi tidak tepatnya pendidik SMP Negeri 1
Salem saat menerapkan model pembelajaran dalam pembelajaran menulis puisi.
Model yang sering diterapkan ialah ceramah. Hal ini membuat pembelajaran
membosankan, selain itu membuat peserta didik sulit menjadi aktif dan
berkembang saat di kelas, dan juga materi kurang dapat tersampaikan. Sehingga
hasil pembelajaran belum maksimal. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan
penerapan model tertentu guna menunjang pembelajaran menulis puisi pada
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salem. Model yang diterapkan ialah model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition.
Rumusan masalahnya bagaimana penerapan model Cooperative Integrated
Reading and Composition dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Salem tahun pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Cooperative Integrated
Reading and Composition dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Salem tahun pelajaran 2019/2020.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah
metode kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Salem
berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes
dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis puisi, sedangkan teknik nontes
berupa observasi dan angket mengenai respon peserta didik terhadap
pembelajaran menulis puisi menggunakan model cooperative integrated reading
and composition. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif
yakni menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model cooperative integrated
reading and compoistion dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi
menggunakan model cooperative integrated reading and composition mampu
merangsang kreatif peserta didik dalam mengembangkan pemikirannya dalam
bentuk tulisan, sedangkan dari data menulis puisi diperoleh nilai tertinggi, yaitu
nilai 85—100 ada 8 peserta didik dengan kategori sangat baik, nilai 75—84 ada
19 peserta didik dengan kategori baik, dan nilai 40—59 ada 1 peserta didik
dengan kategori kurang.
Saran yang dapat disampaikan adalah pendidik hendaknya menggunakan
variasi pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan supaya tujuan
pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:56
Last Modified: 05 Nov 2024 01:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6957

Actions (login required)

View Item
View Item