UPAYA DOSEN MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Lestari, Devi (2020) UPAYA DOSEN MATA KULIAH UMUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of 16210006 DEVI LESTARI SKRIPSI.pdf] Text
16210006 DEVI LESTARI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Devi
Lestari
“Upaya
Dosen
Mata
Kuliah
Umum
Pendidikan
Kewarganegaraan dalam Mencegah Paham Radikalisme di Lingkungan Kampus
Universitas PGRI Semarang”, Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan
Sosial
dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2020.
Penelitian ini di latarbelakangi ancaman terhadap Ideologi Pancasila
menjadi permasalahan yang harus dihadapi untuk mewujudkan ketahanan
nasional. Paham yang tidak sesuai Pancasila mulai merebak melalui sosial media.
Mahasiswa menjadi sasaran penyebaran paham radikal karena kebebasan
akademis yang ada di kampus. Dan banyaknya mahasiswa yang tergabung dalam
organisasi eksternal kampus dimana pimpinan Perguruan Tinggi tidak dapat
mengawasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Sehingga Mata Kuliah Umum
Pendidikan Kewargangeraan sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
harus mampu menjadi benteng pertahanan untuk mencegah Paham Radikalisme
masuk kedalam lingkungan kampus. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah
Bagaimana
Upaya
Dosen
Mata
Kuliah
Umum
Pendidikan
Kewarganegaraan dalam Mencegahan Paham Radikalisme di Lingkungan
Universitas PGRI Semarang Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Upaya
Dosen Mata Kuliah Umum PKN dalam mencegah paham radikalisme masuk
kedalam lingkungan kampus.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian
ini berlokasi di Universitas PGRI Semarang. Indikator dalam penelitian ini adalah
1) Pengintegrasian materi PKN kedalam nilai-nilai anti Radikal di Lingkungan
Kampus 2) Cara Dosen mencegah Radikalisme melalui media atau metode
mengajar 3) Mengaitkan materi dengan permasalahan sosial yang sedang terjadi.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi.
Upaya Dosen MKU PKN dalam Mencegah Paham Radikalisme masuk
kedalam Lingkungan Kampus adalah melalui pendidikan karakter yang baik.
Mengintegrasikan materi perkuliahan kedalam nilai-nilai anti radikal melalui
media audio visual. Metode ceramah dan diskusi juga diterapkan dalam
perkuliahan. Mengangkat permasalahan sosial yang sedang terjadi sebagai bahan
diskusi mengkaji masalah sosial dalam perspektif keilmuan karena materi PKN
sangat dinamis dan sangat baik untuk dikaji dalam perkuliahan. Memberikan
pemahaman kepada mahasiswa terkait organisasi ekternal kampus yang di ikuti.
Diharapkan Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki sikap nasionalisme dan
patriotisme yang tinggi, menjaga Ideologi Pancasila dan mengamalkan nilai sila
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga pendidikan dan pemerintah
bertanggungjawab penuh atas permasalahan radikalisme, namun untuk
mengatasi permasalahan ini diperlukan dukungan berbagai pihak mulai orang
tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kesadaran individu itu sendiri.
Kata Kunci : Upaya Dosen, MKU PKN, Radikalisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:47
Last Modified: 05 Nov 2024 01:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item
View Item