PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING FREE THROW BOLA BASKET KELAS XI DI SMA 10 SEMARANG

Arthusa, Nicholas Agestha Gebri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING FREE THROW BOLA BASKET KELAS XI DI SMA 10 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nicholas Agestha Gebri Arthusa.pdf] Text
Nicholas Agestha Gebri Arthusa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nicholas Agestha Gebri Arthusa, “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan
Probelm Based Learning Dalam Meningkatkan Psikomotor Shooting Free Throw
Bola Basket Kelas XI Di SMA 10 Semarang”, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, tahun 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan hasil belajar pada aspek
psikomotor dan afektif baik dari siswa nilai kelas XI yang masih banyak yang di
bawah kkm, di buktikan dengan nilai psikomotor shooting free throw bola basket
kelas XI di tahun ajaran 2019 s/d 2020 dengan nilai di bawah kkm dengan nilai
rata rata 63,7. Metode pembelajaran yang akan digunakan oleh peneliti dalam
melakukan penelitian adalah model pembelajaran dengan menggunakan model
Jigsaw dan Probelm Based Learning (PBL) yang diterapkan pada siswa XI. Pada
kelas XI di berikan 2 model pembelajaran yaitu Jigsaw dan Probelm Based
Learning (PBL), kemudian membandingkan 2 model pembelajaran yang lebih
efektif meningkatkan psikomotor shooting free throw bola basket siswa kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran
jigsaw terhadap psikomotor shooting free throw bola basket kelas XI dengan
dibuktikan hasil paired simple t test nilai signifikasni Sig. (2-tailed) 0,000> 0,05
serta nilai post-test grafik rata rata hasil belajar. (2) terdapat pengaruh model
pembelajaran probelm based learning (PBL) terhadap psikomotor shooting free
throw bola basket kelas XI dengan dibuktikan hasil paired simple t test nilai
signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05 serta nilai post-test grafik rata rata
psikomotor.
Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Dari hasil penelitian model
pembelajaran Jigsaw dan Probelm Based Learning (PBL) yang di terapkan pada
kelas XI. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan skor pada nilai pre-test
kelompok 1 model pembelajaran jigsaw sebesar 45.5237 sedangkan rata-rata nilai
post-test sebesar 69.1429, dan hasil nilai rata-rata pre-test pada kelompok 2
dengan model pembelajaran Problem Base Learning ialah 45.5234, hasil rata-rata
nilai post-test ialah 67.0486, dan model pembelajaran Jigsaw lebih efektif
meningkatkan psikomotor shooting free throw bola basket selisih nilai pre-test
dan post-test model pembelajaran Jigsaw ialah 25,5 dan selisih nilai pre-test dan
post-test model pembelajaran Problem Base Learning ialah 21,5. Saran
Pembelajaran Jigsaw dan Problem Base Learning sangat bermanfaat untuk
diterapkan disekolah untuk memacu motivasi, keaktifan siswa, dan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Jigsaw dan Probelm Based Learning,
Psikomotor Shooting Free Throw Bola Basket

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:27
Last Modified: 25 Oct 2024 07:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6942

Actions (login required)

View Item
View Item